Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Pandemi Covid-19. Beberapa Bulan Nihil DB, Wargapun Diminta Selalu Waspada


Dutanusantarafm-Kasi pemberantasan penyakit Dinas Kesehatan Ponorogo Edi Kusnanto mengingatkan warga masyarakat untuk waspada penyakit demam berdarah, jelang pergantian tahun ini. Karena itu memasuki musim hujan warga harus meningkatkan upaya Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M plus.

Edi mengatakan kasus demam berdarah seringkali mulai muncul pada setiap akhir tahun hingga beberapa bulan berikutnya. Naiknya kasus demam berdarah itu tidak lepas karena sudah memasuki musim hujan. Karena itu meski saat ini warga harus disiplin protokol pencegahan covid 19, upaya pemberantasan sarang nyamuk lewat 3 M Plus yaitu menguras,mengubur dan menutup tidak boleh berhenti . Lalu upaya apa lagi selain menguras, mengubur dan menutup ? Edi menjelaskan antara lain yaitu dengan obat pengusir nyamuk, memasang kelambu tempat tidur, memelihara ikan pemakan jentik dan lainnya.

Data di Dinas Kesehatan menyebutkan kasus demam berdarah tahun 2020 mulai bulan januari hingga bulan ini adalah 147 kasus, dengan dua orang meninggal dunia. Pasien DBD meninggal dunia terjadi di bulan Januari dan februari 2020, atau setelah Kabupaten Ponorogo dinyatakan KLB DBD pada tahun 2019. Angka penderita demam berdarah tahun ini jauh lebih sedikit dibanding tahun 2019 yang mencapai ribuan. Menurunya penderita DB tahun ini tidak lepas dari semakin meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga kebersihan. “semakin meningkatnya kesadaran warga dalam PSN maka angka DB semakin bisa ditekan” terangnya.

Edipun mengingatkan meski kasus DB tahun ini turun drastis bahkan beberapa bulan terakhir nyaris tidak ada kasus, warga dihimbau tidak lengah. Karena saat ini baru saja memasuki musim hujan yang akan berlangsung hingga beberapa bulan kedepan. Artinya upaya membersihkan lingkungan dari genangan air hujan, membersihkan tempat penampungan air tidak boleh kendor. Karena kebersihan lingkungan sangat berpengaruh dalam pencegahan demam berdarah ini. “Bila rumah kita bersih sementara lingkungan sekitar menjadi sarang nyamuk, maka demam berdarah bisa mengancam” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close