Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Kamis, 7 Maret 2024 - 23:56 WIB

ASN dan P3K Bisa Mendaftar Balon KPU Kabupaten/kota

Dutanusantara-Penerimaan bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota sebentar lagi dibuka. Selain masyarakat umum para ASN dan P3K mempunyai kesempatan untuk menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/kota untuk periode masa jabatan lima tahun kedepan.

Meski para ASN dan P3K boleh mendaftar sebagai bakal calon anggota KPU, namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya jika ASN ingin mendaftar sebagai calon anggota KPU Kabupaten/kota maka harus mengajukan cuti terlebih dahulu. Sedangkan untuk P3K harus mengundurkan diri dulu dari P3K ketika akan mendaftar.

Hal itu disampaikan oleh ketua timsel penerimaan bakal calon anggota KPU zona 6 Jatim Syarif Thoyib dalam sosialisasi di kantor KPU Ponorogo, Kamis (7/3) pagi.

Timsel zona 6 pendaftaran calon anggota KPU meliputi KPU Kabupaten Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kpu Kota Madiun.

Syarif Thoyib menambahkan seperti ketentuan KPU RI pada penerimaan bakal calon anggota KPU kabupaten/ kota ini, semua diberikan kesempatan yang sama.

” Tidak ada ketentuan khusus yang mengatur soal komposisi keanggotaan KPU kabupaten/kota. Misalnya harus ada keterwakilan dari ASN, P3K, keterwakilan perempuan dan lainnya.”jelasnya.

Ia menambahkan mereka yang akan diterima adalah yang telah memenuhi persyaratan, baik seleksi awal administrasi, cek kesehatan, lolos tes tulis, tes paikologi, wawancara.

Diinformasikan penerimaan bakal calon anggota KPU kabupaten/kota ini akan diawali dengan pengumuman pendaftaran pada 8 Maret sampai tahapan akhir pengumuman nama-nama yang diterima pada 26-28 April 2024. (de)

Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg