Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Minggu, 18 September 2022 - 12:27 WIB

Arist Merdeka Sirait; Selain Minta Maaf Ponpes Gontor Harus Bertanggung Jawab Penuh

Aris Merdeka Sirait,  , Ponpes Tidak Boleh Lepas Dari Tanggung Jawab  Karena Penganiaya Terjadi Di Sekolah Dan Dalam Kegiatan Sekolah

Aris Merdeka Sirait, , Ponpes Tidak Boleh Lepas Dari Tanggung Jawab Karena Penganiaya Terjadi Di Sekolah Dan Dalam Kegiatan Sekolah

DUTANUSANTARAFM.COM :  Aris Merdeka  Sirait , Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak menyampaikan menurut UU Perlindungan Anak  karena kejadian penganiayaan berujung hilang nyawa di Ponpes Gontor  kejadiannya di sekolah dan dalam kegiatan sekolah  maka Pondok Pesantren Gontor  tidak boleh lepas tangan dan lepas tanggungjawab.  Sebaliknya , Ponpes harus bertanggungjawab penuh.

“Pihak Kepolisian harus jeli dalam mencermati kejadian ini . Dalam UU Perlindungan anak  bisa masuk kategori kelalaian , penelantaran  atau Pembiaran . Penyidik Harus Jeli  Dalam UU Perlindungan Anak, “tegas Aris Merdeka Sirait  kepada dutanusantarafm.com, Jumat (16/09/2022).

Lebih lanjut Arist merdeka Sirait  menjelaskan, dalam kasus penganiayaan di Ponpes darrusalam Gontor ini  pelakunya anak , anak korbanya anak -anak juga. UU Perlindungan Anak jika kejadian kasus terjadi masih dilingkup sekolah maka pengelola dan penaggung jawab sekolah harus ikut bertanggung jawab.  Bukan hanya si pelaku utama saja  yang mendapat hukuman.

“Jika dalam perjalan pulang sekolah masih berseragam ada sebuah kejadian  juga masih tanggung jawab sekolah. Pihak  kepolisian harus meminta pertanggungjawaban.  Kasus kekerasan teradap anak yang menyebabkan hilang nyawa seperti di Ponpes Gontor ini dilaporkan maupun tidak dilaporkan  Komnas Perlindungan Anak  akan melakukan pengawalan. Kami  akan ke Ponorogo  dan membentuk Tim Litigasi dan Advokasi,” tegas Arist Merdeka Sirait yang memimpin Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) untuk periode 2022-2027. (wid)

 

 

Berita ini 48 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB