Home / Dinamika Aktual / Highlight News

Jumat, 29 Juli 2022 - 12:50 WIB

Ancaman Krisis Pangan, Pilihan Petani Jadikan Bencana Atau Peluang

DUTANSUANTARAFM.COM :Mengahadapi  ancaman krisis pangan dan energy dunia termasuk Indonesia  akan menjadi momentum kebangkitan petani jika mampu memanfaatkan peluang tersebut. Petani bisa mengambil peluang potensi krisis pangan  jika mampu menyiapkan sejak dini. Menyiapkan kebutuhan pupuknya secara mandiri dengan menggiatkan penggunaan pupuk organik dan penggunaan pestisida yang ramah lingkungan. Hal tersebut disampaikan Tajib, Ketua Gapoktan Gemah Ripah  Desa Paringan Kecamatan Jenangan, Jumat ( 29/07/2022).

“Mengahadapi tantanganitu  kalau kita sudah siap sejak dini bisa menjadi peluang. Peluang meningkatkan kesejahteraan petani. Kita petani jangan hidup terus di zona nyaman, semua yergantung dari bantaun pemerintah,  mau garap sawah pinjam dan PUAP yang bantuan pemerintah, mau pupuk beli pupuk  subsidi bantuan pemerintah, bajak sawah pakai traktor bantuan pemerintah, panen pakai mesin bantuan pemerintah bahkan jual hasil penen minta bantuan pemerintah, “ungkap Tajib.

Lebih lanjut  Tajib menjelaskan,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ancaman krisis pangan dan krisis energy mengacam di semua negara termasuk di Indonesia. Dia meminta semua pihak waspada dengan kondisi ekonomi dan politik yang mengancam krisis tersebut.  Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPP Tahun 2021 oleh Badan Pemeriksa Keuangan di Istana Kepresidenan Bogor, beberapa waktu lalu. Prediksi ini membuat petani di Indonesia harus menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan kedepan tersebut.

“Ini tinggal pilihan petani mau terjebak menjadi korban  atau menjadikannya peluang dengan berinovasi . Semua sumberdaya pupuk , pestisida ada disekitar kita semua. Petani  harus berpikir dengan cerdas. Pada saatnya,  pupuk subsidi semua pasti  akan di cabut , maka petani harus menyiapkan diri. “terangnya. (wid)

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Kejari Ponorogo Rindang Onasis  Berharap Polres Tangkap Bandar Narkobanya 

Dinamika Aktual

Diduga Menenggak Racun, Pria ini Ditemukan Meninggal di pinggir Sawah Gelang Lor Sukorejo

Dinamika Aktual

Bupati Berhentikan Sementara Kades Sawoo, 5 Kasun Tunggu Surat Kejaksaan

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman