Kabar Kota Kita

Ambyar Ponorogo, Masa Pandemi Konsul Ke Psikolog 80 Persen Perempuan

Dutanusantarafm.com-Masa pandemi korona telah menaikkan tingkat kecemasan dikalangan warga masyarakat Ponorogo. Kecemasan yang muncul tersebut membawa dampak terhadap banyak hal, hingga akhirnya mendorong untuk berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan obatnya. Menariknya 80 persen yang berkonsultasi itu adalah kaum perempuan.

Menurut tim trauma healling satgas covid19 Ponorogo Karina Rizki Rahmawati, kecemasan yang dialami menyangkut diri sendiri maupun kecemasan karena memikirkan orang lain. Kecemasan karena covid sebenarnya dialami semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Namun yang berkonsultasi ke psikolog mayoritas adalah kaum perempuan. ” dari data terlihat yang berkonsultasi atau curhat, 80 persennya adalah kaum perempuan” ungkapnya. Barangkali kaum pria merasa gengsi jika harus berkonsultasi terkait pandemic korona ini, karena merasa mampu untuk menyelesaikan persoalannya.

Dijelaskanya masa pandemi covid 19 antara lain berdampak terhadap pribadi setiap orang takut atau was-was untuk keluar rumah. Sedangkan kecemasan lain yang muncul karena orang lain misalnya karena memikirkan bagaimana keadaan suami atau anaknya yang sedang berada di luar kota.

Selain kecemasan memikirkan kesehatan diri sendiri dan orang lain, kecemasan lain yang muncul karena pengaruh pandemi korona adalah terganggunya pendapatan ekonomi, kecemasan memikirkan belajar anak dan lainnya. “Kecemasan karena persoalan seperti itu akhirnya menimbulkan kegelisahan hingga menyebabkan sulit tidur” terang psikolog yang berdinas di RSUD dr. Hardjono ini.

Pada masa pandemi ini terdata lebih dari 60an orang yang berkonsul ke psikolog . Mereka ada yang konsul dengan psikolog melalui no wa, atau no telp tauma healing satgas covid, konsul melalui pribadi, maupun di web layanan Konsultasi Dinas Sosial P3A ponorogo. Lalu apa tips sederhana untuk mengurangi kecemasan akibat pandemi covid 19 ini? . Antara lain dengan mengurangi membaca atau mendengarkan berita erkait perkembangan covid 19, mengurangi pembicaraan atau obrolan terkait covid, saling memberi dukungan. “ ketika mengobrol sebaiknya tidak membahas covid tetapi topik lain yang bisa menghibur atau memberi semangat” terangnya.

Karina menuturkan sebenarnya banyak layanan konsultasi gratis secara on line yang bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat. Layanan itu antara lain di pos layanan trauma hiling satgas covid19 Ponorogo, web konsultasi Dinsos P3A, IPK dan HIMPSI himpunan psikologi Indonesia Jatim dan juga HIMPSI pusat. “ mereka yang ingin berkonsultasi tinggal menghubungi no yang disediakan di layanan tersebut” pungkasnya. (san)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close