Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 28 September 2022 - 11:37 WIB

Ajak Petani “Ayo Repot”, Dipertahankan Latih Pembuatan Pupuk Organik

Rubah midset petani diajak

Rubah midset petani diajak "Ayo repot" untuk membuat pupuk organik sendiri

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ponorogo- Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan  (DIPERTAHANKAN) Kabupaten Ponorogo pada tahun 2022 melaksanakan bimtek pembuatan pupuk organik di 10 kelompok tani di Ponorogo. Pelatihan ini adalah pilot project agar para petani mampu dan mau memanfaatkan limbah- limbah organik disekitarnya untuk pembuatan pupuk organik . Sehingga petani menjadi mandiri dan tidak tergantung pupuk kimia dan pupuk bersubsidi pemerintah . Pelatihan ini juga untuk mengantisipasi  kemungkinan pencabutan subsidi pupuk kimia  oleh pemerintah dalam waktu dekat. .

Tri Budi  Widodo selaku Kepala Seksi Produksi dan Tanaman Holtikultura Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo, saat mendapingi kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik disalah satu kelompok tani di Desa Lembah Kecatan Babadan, Senin ( 25/09/2022) mengungkapkan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan mindset petani bisa berubah dan harus mulai dirubah. Mindset petani selama puluhan tahun adalah emoh repot . Emoh repot membuat pupuk organik, emoh repot membuat pestisida sendiri dan emoh repot membuat bibit sendiri.  Petani  lebih memilih cara instan dan cara praktis dengan membeli pupuk kimia. Namun seiring perkembangan zaman , maka mindset tersebut harus dibalik dan direformasi menjadi “ayo repot.

“Petani selama ini emoh repot , ibarat mau pupuk tinggal beli yang kimia disebar terus langsung kelihatan hijua padinnya . Namun  sekarang kita jaka untuk ” Ayo Repot”, repot dijakan membuat pupuk organik sendiri, pestisida sendiri dan benih sendiri. Jika mau repot maka petani tidak akan bingung lagi ketika subsidi pupuk dicabut oleh pemerintah karena mereka sudah punya stock pupuk sendiri. Jika mau sukses  ya harus mau repot sekarang ini, ” ungkap Tri Budi Widodo. (  wid) ,

Berita ini 37 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024