Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 12 Februari 2021 - 12:38 WIB

Aerasi Cara Tanggulangi Hama Santomonas

DUTANUSANTARAFM.COM :  Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo mengakui dimusim penghujan ini banyak tanaman padi yang terserang hama Santomonas.  Serangan hama Santomonas terjadi hampir merata di 21 kecamatan di Ponorogo.  Namun tingkat serangannya berbeda beda dari ringan hingga sedang. Munculnya hama Santomonas  dipicu  oleh curah hujan yang tinggi dan kemungkinan proses dekomposasi dari sisa jerami yang belum sempurna sehingga memicu asem asemen pada tanah .

“ Kita sudah melakukan  gerakan di wilayah- wilayah yang terkena Santomonas  dengan penyemprotan bakterisida. Karena hama ini di picu  curah hujan yang tinggi dan air yang berlebih maka  petani di harapkan membuatkan  kalenan untuk pembuangan air. Karena kondisi tanah butuh aerasi ,”ungkap Warni Koordinator  Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Dispertahankan Kabupaten Ponorogo, Jumat  ( 12/02/2021).

Warni menjelaskan Aerasi tanah adalah kelancaran pergerakan atau pertukaran udara didalam tanah. Didalam tanah yang baik terdapat ruang-ruang (pori) yang seharusnya terisi oleh udara yang disebut sebagai pori makro. Aerasi tanah berkaitan secara langsung dengan porositas tanah, perkembangan akar dan kesuburan tanah.

Lasimin (60th) petani asal desa Polorejo Kecamatan Babadan mengakui  padinya yang berumur sekitar 3 Minggu  pertumbuhannya kurang bagus  karena asem asem,  Tanaman padinya merah dan anakannya kurang  banyak  . Untuk mengatasi ini,  Mbah Lasimin mengaku mencoba mengeringkan air diareal sawahnya dan melakukan penyemprotan  pestisida.

“Alhamdulillah , wis mulai nglilir wis mulai sger tandure m “ungkap  Lasimin, kepada dutanusnatarafm.com (12/02/2021). (wid)

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar