Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 16 November 2022 - 09:10 WIB

Ada 13 Titik Jalan Longsor Di Desa Ngrogung

Titik jalan di Dusun Kedung  Resik Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel kembali ambrol meski sudah ditanggul dengan ratusan karung pasir , Selasa ( 15/11/2022)

Titik jalan di Dusun Kedung Resik Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel kembali ambrol meski sudah ditanggul dengan ratusan karung pasir , Selasa ( 15/11/2022)

DUTANUSANTARAFM.COM : Fenomena alam kemarau  basah yang membuat musim penghujan terjadi sepanjang tahun 2022 ini ternyata memicu sejumlah bencana alam di wilayah Ponorogo.  Sejumlah Desa terutama dikawasan atas seperti di Kecamatan Ngebel, Pulung, Sowoo , Sokoo dan Ngrayun  terjadi bencana tanah longsor dan  jalan ambrol.  Sementara di daerah bawah  bencana alam banjir  selalu mengintai saat hujan turun.

Ronggo salah satu warga Desa Ngrogung Kecamtan Ngebel menyampaikan  selama musim penghujan perasaan was-was dan khawatir selalu menghantui . Sehingga kalau malam hari saat hujan warga selalau siaga dan berjaga sejak bencana tanah longsor pertama terjadi sekitara 1 bulan lalau . Karean di desannya ada 13  titik tanah longsor . Terbesar di Dusun Kayu mas yang mengakibatkan  akses jalan utama  Kecamatan Dolopo Madiun  menuju ke Ngebel putus total . Warga harus melewati jalan memutar sepanjang 10 km jika ingin ke  Desa Sahang atau ke Ngebel. Karena jalan tersebut akses vital ekonomi dan pendidikan maka  warga terpaksa urunan untuk membuat jalan darurat sepanjang 200 meter. Kini akses jalan sudah lancar kembali meski dengan menggunakan jalan darurata dari rangkaian baok kayu dan sesek bambu.

” Kebanyakan titik longsor  menimpa infrastruktur jalan. Misalnya di jalan Dususn  Kedung Resik Desa Ngrogong  pada longsor pertama hanya terjadi pada bahu jalan kemudian oleh warga ditanggul dengan 800 karung pasir . Namun sekarang ratusan tanggul dari karung pasir tersebut sudah amblas ikut longsoran kedua sehingga ruas jalan yang amblas juga semakin melebar. Sangat menghawatrikan jika aa roda 4 lewat bisa ambrol total , “terang Ronggo kepada dutansuantarafm.com, Selasa ( 15/11/2022) . (wid)

Berita ini 31 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai