Home / Hukum dan Politik / Kabar Kota Kita

Jumat, 18 September 2020 - 12:35 WIB

Cara Terbaik Antisipasi Kelangkaan Pupuk Tumbuhkan Peternakan

Ir.Sukamto saat memberikan materi pembuatan pakan ternak fermentasi dalam rangka pertanian teritegrasi kepada KomunItas keluarga buruh Migran , Lembah Ponorogo.

Ir.Sukamto saat memberikan materi pembuatan pakan ternak fermentasi dalam rangka pertanian teritegrasi kepada KomunItas keluarga buruh Migran , Lembah Ponorogo.

Dutanusantarafm.com:  Kelangkaan pupuk dan kesulitan mendapatkan pupuk kimia bersubsidi saat ini tengan menjadi  masalah yang di hadapi oleh para petani  hampir disemua wilayah  Ponorogo. Permasalah kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi ini bukanlah yang pertama kalinya namuns sering dialami  oleh para petani. Untuk mengantisapsi terkait masalah tersebut dimasa yang akan datang salah satunnya adalah kembali menumbuhkan dan menggerakkan para petani untuk beternak secara teritegrasi dengan sector pertanian.  Karean potensi pakan yang melimpah akan memudahkan para peternak dalam memelihara. Hal yang perlu dilakukan adalah sosialisasi dan edukasi terkait  pengolahan pakan modern dan terintegrasi dengan pertanian.

Kasi Pelayanan  UPT Peternakan  Magetan Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur  Sukamto saat  menjadi  pemateri dalam pelatihan  pembuatan pakan ternak fermentasi dalam rangka pertanian terintegrasi bersama Komunitas Keluarga Migran  Buruh (KKBM) Desa Lembah Kecmatan Babadan Ponorogo ,Kamis (17/09/2020) menjelaskan kedepan  secara bertahap pupuk bersubsidi akan di cabut oleh pemerintah.  Sehingga cara satu satunnya untuk memenuhi kebutuhan pupuk adalah menghidupkan, mengairahkan dan menumbuhkan sector peternakan yang teritegrasi  dengan pertanian.

 “Dalam pertanian terintegrasi ini ada perputaran atau siklus dimana petani menanam padi, saat sudah panen jerami akan menjadi sumber pakan bagi ternak mereka.Selanjutnya  kotoran ternak mereka akan kembali kesawah sebagai pupuk organic  bagi petani,” jelas Ir.Sukamto, kepada dutanusantarafm.com, Kamis (18/09/2020). (Wid). 

Share :

Baca Juga

Highlight News

Apes, Dapur rumah warga Baosan Kidul Ngrayun terbakar saat dipakai memasak

Highlight News

Asiknya di Ponorogo, Operasi Zebra Semeru 2024 Pengendara Tertib Dapat Reward

Hukum dan Politik

Droping air bersih di Ponorogo meluas hingga 8 kecamatan

Highlight News

Jabat Ketua DPRD Ponorogo, Dwi Agus Prayitno : Semua bahu membahu Majukan Ponorogo

Highlight News

Dinsos P3A Ponorogo Berhasil Reunifikasi 2 orang dalam Dua Minggu Terakhir

Highlight News

Menyenggol mobil di depannya, pengendara motor meninggal ditabrak truk di Pulung

Highlight News

Komandan Kodim 0802/Ponorogo Inspektur Upacara, Ini amanat Panglima TNI pada HUT 79 TNI

Highlight News

Terserempet pick up, penumpang sepeda motor meninggal