Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:22 WIB

Peredaran Obat Psikotropika Tinggi, OMS Himbau Polisi Agar Jangkau Tempat Hiburan Malam

KONSELING : Direktur Bambu Nusantara,  Titik Sugianti saat memberikan arahan kepada salah seorang klien beberapa waktu lalu.

KONSELING : Direktur Bambu Nusantara, Titik Sugianti saat memberikan arahan kepada salah seorang klien beberapa waktu lalu.

Dutanusantarafm.com – Maraknya peredaran narkoba, khususnya obat-obatan psikotropika di wilayah Kabupaten Ponorogo disikapi serius Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) setempat. Mereka meminta agar polisi menjangkau tempat hiburan malam, yang menjadi salah satu sarang peredaran pil koplo.

Direktur OMS Bambu Nusantara, Titik Sugianti mengatakan dari salah seorang klien dampingannya saat ini, tim menemukan fakta bahwasannya pil koplo juga sudah banyak beredar di tempat tersebut.

“Dari keterangan klien kami, kondisinya saat ini memang demikian. Jadi polisi juga harus menjangkau tempat-tempat tersebut,” ungkapnya Selasa (23/08/2022).

Apalagi, imbuh Titik saat ini tempat hiburan malam di Ponorogo sudah mulai banyak dibuka. Sehingga, peluang munculnya transaksi obat psikotropika itu tinggi.

Titik menuturkan, tempat hiburan malam diklaim menjadi salah satu lokasi strategis untuk mengedarkan narkoba. Mulai dari jenis pil koplo, hingga sabu-sabu. Khusus sabu-sabu, biasanya dikonsumsi kalangan dewasa. Itu karena, sabu-sabu dijual dengan harga yang relatif mahal. Sehingga, sebagian besar penggunanya adalah orang dewasa.

“Sedangkan obat-obatan psikotropika ini harganya relatif terjangkau. Sehingga pasar banyak dikalangan remaja,” tegasnya.

Saat ini, OMS Bambu Nusantara mendampingi sedikitnya enam klien asal Ponorogo. Mereka merupakan pengguna narkoba jenis pil koplo dan sabu-sabu. Usia mereka beragam, ada remaja serta dewasa.

Para klien tersebut, merupakan pengguna narkoba dengan status kurang cukup bukti. Sehingga tidak bisa diproses hukum, namun wajib dilakukan rehabilitasi. Hal itu diatur dalam UU Narkotika nomer 35 tahun 2009. (Umi Duta)

Berita ini 25 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai