Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 11 Desember 2020 - 06:04 WIB

7 Orang Terkonfirmasi Positif Covid 19, Mencoblos Melalui Vicall

Arwan Hamidi, Komisioner KPU Ponorogo ,

Arwan Hamidi, Komisioner KPU Ponorogo ,

DUTANUSANTARFM.COM :  Pemilukada di masa pandemi ternyata banyak tantangannya. KPU Ponorogo harus membuat banuak terobosan agar hak sura masyrkat tetap tersalurkan.  Seperti yang harus dilakukan oleh 5 orang warga terkonfirmasi positif  dan menjalani isolasi mandiri di beberapa titik wilayah di Ponorogo . Demi mentaati disiplin  protokol kesehatan,  pemilih yang menjalani isolasi mandiri di beri kesempatan untuk menyalurkan hak suarannya melalui Vidiocall. Namun ada juga pemilih yang dikunjungi petugas beserta saksi di mana mereka menjalani isolasi mandiri.

Para pemilih yang memiliki hak untuk memilih tapi dalam kondisi sakit atau sedang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif covid 19, maka petugas yang mendatangi mereka. Petugas berikut saksi mendatang pemilih dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Seperti dilakukan oleh 2 orang warga Banyudono, Kecamatan Ponorogo  yang sakit, tetap bisa mencoblos. Petugas KPPS dan seorang saksi dari TPS 5 mendatangi warga di RT 3/3 ini untuk memberikan hak pilihnya.

“ Ini ada 2 orang warga kelurahan Banyudono yang terpaksa  mencoblos di rumah dengan di datangi oleh petugas. Untuk kemananan dan mentaati protokol kesehatan  maka surat suara dimasukkan ke dalam plastik transparan lalu dibawa ke TPS untuk dimasukkan ke kotak suara, “jelas seorang saksi.

Beda lagi yang terjadi di TPS 2 dan 3 Desa Menggare, Slahung, Ponorogo. Lima orang pemilih yang sedang menjalani isolasi mandiri, tetap memberikan hak suaranya dengan menggunakan alat bantu komunikasi. Lima orang tersebut mencoblos dengan melakukan vedio call yang dipandu oleh petugas dan didampingi 2 orang saksi. Petugas menunjukkan gambar mana yang dicoblos, setelah itu dicoblos dengan disaksiskan 2 orang saksi.

“Ada 5 orang di TPS 2 dan 3 Menggare, karena sedang isolasi mandiri maka mencoblos melalui video call,” terang Trini, warga Menggare, kerabat 5 orang tersebut.

Cara mencoblos dengan mendatangi pemilih yang sakit, menurut Arwan Hamidi, Komisioner KPU Ponorogo , diperbolehkan berdasar rekomendasi dari Dinas Kesehatan. Pencoblosan bisa dilakukan oleh pendamping dengan disaksikan oleh para saksi. Namun untuk mereka yang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi covid 19, ada perlakuan khusus.

“ Kalau menggunakan video call itu mungking petugasnya takut tertular, jadi tidak mengunjungi. Ini dibolehkan karena ada saksi dan pendamping ,” terang Arwan Hamidi atau akrab dipanggil Gus Mamik ini. (wid)

Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024