Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:52 WIB

6 Saksi Korban Pungli Sawoo Beri Keterangan Kepada Kejaksaan

Kejaksaan Negeri Ponorogo melakukan permintaan keterangan terhadap para korban pungli di Desa Sawoo Kecamatan Sawoo, Senin ( 09/01.2023)

Kejaksaan Negeri Ponorogo melakukan permintaan keterangan terhadap para korban pungli di Desa Sawoo Kecamatan Sawoo, Senin ( 09/01.2023)

DUTANUSANTARAFM.COM: Ponorogo- Proses hukum kasus dugaan pungutan liar oleh 7 oknum perangkat Desa Sawoo Kecamatan Sawoo telah masuk ke tahap penyelidikan Kejaksaan Negeri Ponorogo. Setelah pekan kemarin Kejaksaan Negeri Ponorogo melakukan permintaan keterangan dari para pelaku, pekan ini  pemeriksaan dilakukan pada para korban.  Ada 6 orang korban dari Dusun Sawoo  yang dimintai keterangan oleh Kejaksaan Negeri Ponorogo , bertempat di salah satu rumah korban , Senin ( 09/01/2023 ) . Dijadwalkan pada Rabu (11/01/2023) dan Kamis ( 12/01/2023 ) ada 12-15 orang saksi korban yang akan memberikan keterangan lanjutan  . Para saksi Korban tersebut berasal dari Dusun Kacangan , Dusun Kocor , Dusun Ngemplak dan Dususn Kleco. Para saksi korban ini sudah siap memberikan keterangan  dan  barang bukti pungutan liar yang telah mereka berikan dalam pengurusan mutasi tanah.  Langkah cepat kejaksaan dini dilakukan setelah  mendapatkan laporan  dugaan penyimpangan dalam proses pengurusan surat segel atau periwayatan tanah.

“ Sebenarnya kasus ini sudah kita selidiki sejak sepekan  sebelum  terjadi aksi demonstrasi warga  karena sebelumnya sudah ada laporan yang masuk ke Kejaksaan.   Kepala desa dan perangkat-perangkatnya  sudah  kita mintai keterangan. Dan sekarang kita mintai keterangan saksi dari para korban ,” ucap Kepala Seksi Intelijen (Kasintel) Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo Ahmad Affandi, kepada Dutanusantarafm.com, Senin(09/01/2023).

Ahmad Affandi  mengungkapkan berdasarkan hasil keterangan yang disampaikan oleh  paa korban sebenarnya proses pembuatan segel tanah ini dalam rangka untuk pengajuan Program Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) . Namun para perangkat desa  sudah berani meminta  uang masyarakat dengan berbagai dalih.  Dalih  yang dipakai adalah untuk dana saksi, pesangon, kas desa dan kas untuk kecamatan .

” Bahkan biaya segel ini bermacam-macam ada yang satu juta ada yang lima juta ada yang 9 juta dan ada yang lebih dari itu juga ada. Saya juga mengambil keterangan ini, ya untuk menambah bukti kita. Sampai saat ini  belum menemukan adanya kerugian negara, hanya saja kemungkinan ada penyalahgunaan wewenang atau pungutan di Desa Sawoo. Ada juga kemungkinan pasal tindak pidana korupsi tentang pungutan oleh aparat pemerintahan Desa Sawoo,”tambahnya.

Sementara itu, Abdul Mukti, salah satu warga Desa Sawoo yang juga ditemui tim dari Kejari Ponorogo mengaku jika dirinya bersama  6 warga lain telah dimintai keterangan tentang masalah proses segel atau periwayatan tanah. Mukti berharap agar kasus tersebut diusut tuntas oleh aparat penegak hukum . Karena perilaku seperti itu telah  membuat  resah dan  marah  masyarakat Desa Sawoo sejak 2019. Perilaku perangkat desa yang semena -mena itu sudah di ingatkan sejak lama namun tidak menjadi  koreksi perangkat desa malah semakin menjadi-jadi dan sekarang ini adalah puncak dari akumulasi kemarahan tersebut.

“Semua warga minta  mereka di proses hukum sehingga menjadi pembelajaran bagi semuanya . Karena program dari pemerintah pusat soal  penyertifikatan tanah ini dipermudah dan tidak memberatkan , namun sampai pemerintah desa  malah dipersulit dan biayanya juga besar sehingga memberatkan masyarakat,”tegasnya . ( wid)

Berita ini 54 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024