Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 1 Februari 2023 - 10:37 WIB

522 H Padi Di Ponorogo Tergenang Banjir , 0,14 H Puso

Sepanjang mata memandang tanaman padi di  Desa Sedang Kecamatan Jambon seluas 250 H terenam banjir , petani memastikan padi  akan puso., Rabu (15.02.2023)

Sepanjang mata memandang tanaman padi di Desa Sedang Kecamatan Jambon seluas 250 H terenam banjir , petani memastikan padi akan puso., Rabu (15.02.2023)

DUTANUSANTARFM.COM :  Ponorogo – Hujan yang turun dalam beberapa hari  menyebabkan 522 H tanaman padi di kabupaten Ponorogo terendam . Luasan  tersebut adalah data yang terlaporkan di Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo per 15 februari 2023. Sebarannya berada di 8 Kecamatan . Diantarannya , di Sampung, Siman ,Sukorejo, Balong, Jambon, Ponorogo dan Kauman. Sedangkan luasan lahan padi yang masuk kategori terancam puso terlaporkan 0,14 hektar berada di Desa Ngampel Kecamatan Balong . Hal tersebut disampaikan Masun, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo kepada dutanusantara, Kamis  ( 16/02/2023)

Masun menjelaskan , meski luasan yang tergenang 512 Hektar namun yang masuk kategori PPuso baru terdata 1400 meter persegi. Karena kategori puso akibat terendam untuk padi adalah ketika tanaman tergenang selam 7 hari lebih dan tidak pernah bisa surut.

“Kalau tergenang 7 hari kemudian surut belum tentu Puso, Dan kita akan bekerja setelah itu dengan memasukkannya ke program perlindungan Assuransi Untuk tanaman padi (AUTO), bagi yang sudah masuk assuransi. Bagi yang terkenan bencana banjir karena insidental kita upayakan mendapatkan bantuan Candangan Benih Daerah (CBD),”terang Masun,

Lebih lanjut Masun menjelaskan di Ponorogo setiap tahuan ada wilayah yang masuk dalam kategori daerah langganan banjir atau endemic banjir. Wilayah tersebut luasannya mencapai 94 , 12 hektar. Sementara prediksi banjir dan puso tiap tahunnya seluas 200 H dengan Cadangan Benih  Daerah  (CBD) mencapai 125 hektar. (wid)

Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg