GalerryHighlight NewsKabar Kota KitaLatest

50 Persen SLTPN Di Ponorogo, Pagu Tidak Terpenuhi


Dutanusantarafm.com- Semua jalur PPDB SLTPN yaitu jalur prestasi,perpindahan tugas orang tua, afirmasi, dan zonasi nama peserta didik yang dinyatakan dierima telah diumumkan. Pengumuman PPDB SLTPN yang terkahir adalah untuk afirmasi dan zonasi yang diumumkan pada Jum’at 26 Juni 2020. Setelah semua jalur diumumkan diketahui 50 persen lebih SLTP negeri pagunya masih belum terpenuhi.


Kabid SLTP Dinas Pendidikan Ponorogo Soiran mengatakan pagu yang ditetapkan Dinas Pendidikan ternyata terlalu tinggi. Sehingga 50 persen SLTPN utamanya yang ada di luar kecamatan Ponorogo tidak bisa memenuhi pagu. Penetapan pagu yang terlalu tinggi itu misalnya SMPN X pagunya ditetapkan 6 kelas, dan ternyata hanya terpenuhi 4 kelas saja. Atau dalam satu kelas ada yang kekurangan 10 sampai 15 siswa lagi.


Soiran menjelaskan meski banyak SLTPN yang pagunya banyak yang belum terpenuhi namun jika disbanding tahun kemaren peminat untuk sekolah di SLTP Negeri meningkat sedikit. Tahun ini yang mendaftar di SLTP negeri secara on line melebihi tahun kemaren yang berjumlah 6600an siswa. “dengan begitu meski pagu tidak terpenuhi jumlah kelas tahun ini minimal sama dengan tahun kemaren” ungkapnya.


Tercatat lulusan SD tahun ini berkurang 200an siswa dari 10.400 siswadi tahun 2019 turun menjadi 10.200 siswa tahun 2020. Penurunan lulusan SD itu ternyata tidak berbanding lurus dengan penurusan pendaftar di PPDB SLTP negeri, justru sebaliknya. Pendaftar di PPDB SLTPN sedikit bertambah. “ ini tentu cukup bagus dan membuktikan masih banyak yang ingin melanjutkan sekolah di SLTPN” pungkasnya.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close