Home / Dinamika Aktual / Sekitar Kita

Jumat, 22 September 2023 - 18:49 WIB

Orang tua dan Anak Harus Pahami Dunia Remaja

Duta Nusantara FM_Walida Asitasari M.Psi. psikolog mengingatkan betapa pentingnya memahami dunia remaja. Bukan hanya untuk orang tua tetapi bagi remaja itu sendiri.Hal itu disampaikannya pada talkshow di Radio Duta Nusantara pada hari Jum’at 22 Sepember 2023 yang dipandu oleh Adhe.

Ia mengatakan seorang remaja yang mana hakikatnya remaja dapat didefinisikan secara biologis mengalami organ hormonal yakni fisik yang ditandai dengan permulaan pubertas. Sementara itu, adanya teknologi yang semakin pesat menjadikan remaja mengalami pematangan lebih awal.

Untuk kematangannya maka sejak usia sekolah dasar anak harus sudah dipersiapkan. Penting agar mereka bisa menghadapi konflik eksternal dan problematik yang banyak terjadi. Tidak hanya itu, kemungkinan akan muncul banyak persoalan didalam perubahan informasi yang mempengaruhi dalam mengambil keputusan.

“Banyak anggapan yang dibicarakan kepada remaja dengan angel di toto, angel dikandani namun, pada dasarnya remaja sedang mencerna dalam komunikasi atau beberapa peristiwa yang sedang dialami di fase tersebut perubahan emosi yang cepat berubah serta perlunya perhatian khusus” ungkap Walida.

Selain itu, menurut psikolog yang juga dosen IAIN Ponorogo ini perlunya mendapat pendampingan keluarga terdekat. Hal ini penting agar untuk menggiring ke nilai-nilai tanpa singgungan pihak luar. Remaja akan mengamati atau observasi dengan melihat perkembangan dalam rasa keinginan tahuan yang tinggi dalam lingkungan sekitar. Selanjutnya yang diharapkan dari beberapa konflik-konflik yang muncul remaja mampu memberikan solusi sendiri.

”Masa remaja itu proses mencari jati diri, anak kadang labil dan butuh bimbingan, . Dengan fungsi fikir atau kognitif maka memberi kesempatan dalam mengambil keputusan serta melatih memberikan tanggungjawab kepada anak.” Imbuhnya.

Hubungan antara remaja dan orangtua sering kali mengalami kurang harmonis, karena adanya perbedaan pendapat. Sebagai orangtua harus berbagi pengalaman dengan anak. Keluarga harus memberi waktu atau kesempatan untuk sharing dan pendampingan serta konsultasi.

“Harta yang paling berharga adalah keluarga. Komunikasi menjadi kunci dalam tumbuh kembang anak remaja.” pungkas Walida. (de)

Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB