GalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

24 Puskesmas Di Ponorogo Disiapkan Bisa Tangani Ambil Swab

Dutanusantarafm.com-Dinas Kesehatan Ponorogo sedang menyiapkan tambahan layanan disejumlah puskesmas dalam rangka mendukung penanganan covid 19. Puskesmas sekarang ini sedang disiapkan bisa melayani pengambilan tes usap atau swab warga masyarakat. Dengan pola ini juga akan mendekatkan jarak antara rumah warga dengan tempat pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan saat ini sedang disiapkan 24 puskesmas di Ponorogo untuk pelayanan pengambilan swab ini, dari total 31 puskesmas yang ada di Ponorogo. Rahayu disela mengecek kesiapan puskesmas menjelaskan secara bertahap puskesmas-puskesmas tersebut nantinya bisa melayani tes usap.

“Selama ini pengambilan tes usap hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Dengan langkah ini maka warga tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke rumah sakit jjka ingin tes swab” ungkapnya.

Puskesmas yang disiapkan dalam hal ini hanya sebagai tempat pengambilan swab atau sampel lendir. Untuk pemeriksaan menggunakan mesin pcr tetap harus dibawa ke Rs di Surabaya atau Tulungagung.

Guna mendukung program tersebut bukan hanya menyangkut sarana prasarana yang harus disiapkan oleh Dinas Kesehatan. Hal lain yang tidak kalah penting mempersiapkan tenaga para medis pendukungnya.

Disisi lain seiring dengan peningkatan pelayanan penanganan covid yang lebih penting adalah tidak abai menjalankan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan. ” Disiplin ini kunci kita semua terhindar covid 19″ pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close