Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:37 WIB

24 Puskesmas Di Ponorogo Disiapkan Bisa Tangani Ambil Swab

Dutanusantarafm.com-Dinas Kesehatan Ponorogo sedang menyiapkan tambahan layanan disejumlah puskesmas dalam rangka mendukung penanganan covid 19. Puskesmas sekarang ini sedang disiapkan bisa melayani pengambilan tes usap atau swab warga masyarakat. Dengan pola ini juga akan mendekatkan jarak antara rumah warga dengan tempat pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan saat ini sedang disiapkan 24 puskesmas di Ponorogo untuk pelayanan pengambilan swab ini, dari total 31 puskesmas yang ada di Ponorogo. Rahayu disela mengecek kesiapan puskesmas menjelaskan secara bertahap puskesmas-puskesmas tersebut nantinya bisa melayani tes usap.

“Selama ini pengambilan tes usap hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Dengan langkah ini maka warga tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke rumah sakit jjka ingin tes swab” ungkapnya.

Puskesmas yang disiapkan dalam hal ini hanya sebagai tempat pengambilan swab atau sampel lendir. Untuk pemeriksaan menggunakan mesin pcr tetap harus dibawa ke Rs di Surabaya atau Tulungagung.

Guna mendukung program tersebut bukan hanya menyangkut sarana prasarana yang harus disiapkan oleh Dinas Kesehatan. Hal lain yang tidak kalah penting mempersiapkan tenaga para medis pendukungnya.

Disisi lain seiring dengan peningkatan pelayanan penanganan covid yang lebih penting adalah tidak abai menjalankan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan. ” Disiplin ini kunci kita semua terhindar covid 19″ pungkasnya. (de)

Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Rawan Pilkada 2024 di Jatim Dinamis, 6 Daerah Jadi Perhatian

Dinamika Aktual

Polda Jatim Baksos dan Bansos Hari Bhayangkara 2024 di Ngumpul Balong Ponorogo

Dinamika Aktual

Kandang Terbakar Habis, Belasan Ternak Nyaris Jadi Korban

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia