Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:37 WIB

24 Puskesmas Di Ponorogo Disiapkan Bisa Tangani Ambil Swab

Dutanusantarafm.com-Dinas Kesehatan Ponorogo sedang menyiapkan tambahan layanan disejumlah puskesmas dalam rangka mendukung penanganan covid 19. Puskesmas sekarang ini sedang disiapkan bisa melayani pengambilan tes usap atau swab warga masyarakat. Dengan pola ini juga akan mendekatkan jarak antara rumah warga dengan tempat pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan saat ini sedang disiapkan 24 puskesmas di Ponorogo untuk pelayanan pengambilan swab ini, dari total 31 puskesmas yang ada di Ponorogo. Rahayu disela mengecek kesiapan puskesmas menjelaskan secara bertahap puskesmas-puskesmas tersebut nantinya bisa melayani tes usap.

“Selama ini pengambilan tes usap hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Dengan langkah ini maka warga tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke rumah sakit jjka ingin tes swab” ungkapnya.

Puskesmas yang disiapkan dalam hal ini hanya sebagai tempat pengambilan swab atau sampel lendir. Untuk pemeriksaan menggunakan mesin pcr tetap harus dibawa ke Rs di Surabaya atau Tulungagung.

Guna mendukung program tersebut bukan hanya menyangkut sarana prasarana yang harus disiapkan oleh Dinas Kesehatan. Hal lain yang tidak kalah penting mempersiapkan tenaga para medis pendukungnya.

Disisi lain seiring dengan peningkatan pelayanan penanganan covid yang lebih penting adalah tidak abai menjalankan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan. ” Disiplin ini kunci kita semua terhindar covid 19″ pungkasnya. (de)

Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024