Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

15 Kecamatan Di Ponorogo Bebas ODF

DUTANUSANTARAFM.COM : PLT. Bupati  Ponorogo  Sudjarno  melakukan  Dekalarasi ODF (Open Defecation  Free)  terbebas dari buang air besar di sembarang tempat  di 15 kecamatan  di kabupaten Ponorogo bertempat di Gedung Korpri pada Kamis ( 19/11/2020). Hadir dalam deklarasi tersebut kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Rahayu Kusdarini dan Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Disampaikan, bahwa  dari 21 kecamatan di kabupaten Ponorogo beberapa kecamatan seperti Babadan  dinyatakan ODF pada tahun 2019 lalu. Pada tahun 2020 ini ada 15  kecamatan  yang dinyatakan ODF , 3 diantaranya ODF bersyarat.

“Yang bersyarat ini saya minta kepada Dinas Kesehatan dan forum komunikasi kecamatan untuk sedikit- sedikit mulai melakukan langkah perbaikan. Harapannya akhir  2020 semua sudah bisa di perbaiki sehingga kesehatan masyarakat menjadi meningkat, “jelas PLT. Bupati Sudjarno.

Sudjarno berharap pada akhir  tahun ini 3 kecamatan yang masih masuk kategori ODF bersyarat secara bertahap bisa dilakukan langkah perbaikan.  Ke 3 kecamatan yang masuk kategori ODF bersyarat itu antara lain kecamatan Sampung.  Jika saat ini mereka masih menggunakan  jumbleng blung, bisa dilakukan penutupan atau sudah di bangun dengan  WC standar .  Hal ini harus dilakukan agar pada tahun 2021 mendatang Ponorogo tetap masuk kategori kota sehat. Karena kategori kota sehat adalah mampu mempertahaankan status kabupaten bebas ODF.(wid)  

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close