Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 25 Januari 2023 - 08:37 WIB

Usai Dilantik KPU, Ratusan Anggota PPS Wajib Tancap Gas

Dutanusantarafm.com – Tahapan persiapan panitia pemilu 2024 sudah menyentuh tingkat desa. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo melantik 920 anggota Panitia Pemungutan suara (PPS). Ratusan anggota terpilih tersebut wajib menjalankan tugas dengan menjunjung netralitas.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, meminta agar ratusan anggota PPS terpilih bekerja sesuai tupoksi. Salah satunya dengan mengawal pemilu yang jujur, adil (jurdil) dan netral. Sehingga, kedepan tercipta iklim demokrasi yang baik dan transparan.

“Anggota PPS itu harus tegas. Jalankan tugas dan kewajiban sesuai ketentuan, maka demokrasi akan berjalan dengan baik,” katanya usai melantik anggota PPS di Gedung Kesenian Ponorogo, Selasa (24/1/2023).

Ketua KPU Ponorogo, Munajat Asmaun mengatakan ratusan anggota tersebut akan diterjunkan untuk mengawal pelaksanaan pemilu di 307 desa dan kelurahan. Mereka terpilih menjadi anggota, setelah lolos seleksi baik administrasi, serta ujian tulis dari 3000 lebih pendaftar.

“Agenda terdekat, ratusan anggota ini akan membentuk kesekretariatan di masing-masing lokasi penugasan. Sehingga kegiatan bisa lebih terakomodir,” ujar Munajat.

Usai pelantikan mereka wajib menunjuk tiga anggota untuk membentuk kesekretariatan. Selanjutnya, PPS akan menerima pendafataran Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Kegiatan itu berlangsung selama dua bulan.

Secara umum, lanjut Munajat tugas PPS yakni membantu PPK untuk melaksanakan tahapan pemilu di tingkat desa dan kelurahan. Salah satunya dengan melakukan pemutakhiran data pemilih, menyediakan kepanitian kegiatan pemungutan suara.

“Sekarang ini sudah era digital, jadi petugas harus lebih jeli dan teliti. Khususnya terkait data pemilih yang baru, atay yang sudah pindah,” tegasnya. (Umi Duta)

Berita ini 48 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg