Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Senin, 3 Juli 2023 - 14:04 WIB

10 Anak Dayakan Teracam Tak Sekolah Gara –Gara Tak Masuk Zonasi

Misno . Kades  Dayakan curhat ke Johan Budi terkait 10 anak didesannya yang terancam tidak bisa sekolah terganjal zonasi

Misno . Kades Dayakan curhat ke Johan Budi terkait 10 anak didesannya yang terancam tidak bisa sekolah terganjal zonasi

DUTANUSANTARAFM.COM: Geografis Desa Dayakan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo  selain ektrims karena wilayahnya perbukitan dan pegunungan  secara ekonomi  masyarakat sana juga masih banyak yang masuk kategori kurang sejahtera. Desa  yang  di kelilingi hutan jati  dan berada didaeran  pinggiran disebelah barat  perbatasan Kabupaten Wonogiri  dan disebelah utara berbatasan dengan kabupaten Pacitan. Letak geografis tersebut membuat jarak tempuhnya untuk ke pusat pemerintahan Kecamatan Badegan  lumayan jauh. Sehingga untuk menuju ke pusat pemerintahan Kabupaten Ponorogo juga lebih dan sangat jauh lagi.  Dampak lain , letak geografis  Desa Dayakan  adalah sulitnya akses pendidikan.  Kelanjutan nasib pendidikan anak-anak Desa Dayakan di tingkat SLTA/SMK dengan jalur zonasi  menjadi berad diluar jangkauan . Saat ini ada 10 anak Desa  Dayakan Kecamatan Badengan yang terancam tidak bisa masuk sekolah  pada PPDB dari jalur zonasi ini. Karena jarak antara sekolah dengan domisilinya sangat jauh .  Padahal  SMK Badengan satu –satunya sekolah terdekat bagi mereka saat ini. Sehingga jika tidak bisa masuk sekolah  itu  maka mereka dipastikan tidak akan sekolah .

“Kalau tidak bisa diterima di SMK Badengan dengan jalur zonasi ini yang pasti malah tidak sekolah . karean untuk  melanjutkan sekolah lain pilihannya adalah ke kota Ponorogo. Para orang tua  tidak mampu untuk membayar biaya tranportasi  atau kos atau makan jika harus ke kota . Jika naik  kendaraan sendiri juga berbahaya bagi keselamatan jiwanya karena mereka belum punya surat ijin mengemudi, “terang Misno, Kades KDAW Desa Dayakan kepada dutansuantarafm.com, Senin (03/07/2023) .

Misno menjelaskan pihaknya sudah menyampaikan keluhan tersebut ke Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Johan Budi Sapto Pribowo saat berkunjung ke Desa Dayakn , Jumat ( 30/06/2023).  Dan sudah dikomunikasikan dengan pemerintah kabupaten dalam hal ini Bupati Ponorogo . Namun , waktu  pertemuan tersebut hanya 2 wali murid yang mengeluhkan dan menyampaikan langsung keluhannya . Ternyata di desa Dayakan ada 10  siswa.

“Saya mohon bantuannya untuk 8 anak lainnya ini juga di bantu diperjuangkan agar bisa sekolah . Mengingat , warga saya  sekarang sudah sangat paham pentingnya pendidikan. Jika pendidikan meningkat, harapan kami Desa Dayakan bisa segera keluar dari kemiskinan, “terangnya. (wid)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo