Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita
Trending

Waspadai PMK Masuk Ponorogo, Bidang Peternakan Cek Keswan Hingga Sebar Informasi

8DUTANUSANTARAFM.COM :  Bidang  Peternakan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan  dan Perikanan ( DISPERTAHANKAN)  Kabupaten Ponorogo terus melakukan pemantauan, pengecekan kesehatan hewan untuk mengantisipasi penularan  penyakit mulut dan kuku pada sapidari luar daerah ke Ponorogo. Pengecekan dilakukan tim medis veteriner dari Bidang Peternakan Ponorogo di Pasar  Hewan Jetis, Rabu (11/05/2022). Selain melakukan pemeriksaan hewan  di pasar, di rumah  peternak secara langsung ,  Bidang peternakan juga menyebar  pampflet berisi informasi terkait penyakit kuku dan mulut pada sapi , ciri-cirinnya dan cara mencegahnya.

Siti Barokah Kepala Bidang Petenakan Dispertahankan Ponoroga saat melakukan mendampingi timnya melakukan pengecekan kesehatan hewan di Pasar jetis, Rabu (11/05/2022) menjelaskan   kegiatan hari di Pasar Hewan Jetis  sebagai salah satu langkah antisipasi  dan kewaspadaan  PMK.

“Status KLB  PMk ini sudah ditetapkan  Menteri Pertania. Untuk menjaga Ponorogo tidak tertular maka  kita lakukan penyemprotan disinfektan . Masyarakat saya himbau tidak perlu khawatir karena penyakit PMK ini   buka zoonosis yang artinnya bukan penyakit meular dari hewan ke manusia , “jelas drh. Siti Barokah Kabid Peternakan Dispertahankan Ponorogo.

Penularan hanya terjadi pada hewan berkuku genap dan gelap  seperti Kambing , Kerbau  maupun Unta.  Penularan, terjdi lewat lendir kental seperti busa yang dikeluarkan hewan dari mulut. Jika itu mengenai hewan lain maka akan menular.  Penularan juga terjadi pada melalui udara.

“Tapi peternak  jangan terlalu khawatir karena penyakit ini bisa disembuhkan, “lanjut Siti Barokah. (Wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close