Dinamika AktualKabar Kota Kita

Waspada, Manusia Bisa Jadi Perantara Penularan Virus PMK

Dutanusantarafm-Dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan Kabupaten Ponorogo mengingatkan bahwa manusia bisa menjadi perantara (carier) penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan. Namun yang harus diketahui juga PMK itu sendiri tidak akan menular ke manusia.

Kepala Dispertahankan Ponorogo Mas’un menjelaskan virus PMK bukan zoonosis.sehingga tidak akan menular ke manusia. Zoonosis merupakan penyakit menular dari hewan ke manusia. Biasanya bisa disebabkan virus,bakteri, cacing atau protozoa pada hewan tertentu.

^PMK bukan termasuk zoonosis..tidak akan menular pada manusia” terangnya.

Mas’un mengatakan meski tidak menginfeksi atau menimbulkan sakit pada manusia, yang harus diketahui bahwa benda,manusia, bisa berperan menularkan virus dari hewan satu kelainnyya.

Karena itu para pedagang dan peternak harus memahami bagaimana cara penyebaran virus PMK yang bisa melalui lemdir dan kotoran ternak ini. Bila tidak tau maka penyebaran virus ini bisa lebih cepat dan bisa jadi wabah.

” kita harus melakukan langkah antisipasi, jangan sampai PMK masuk Ponorogo. Sosialidasi terus digencarkan” imbuhnya.

Oleh karena itu selain harus menjaga kebersihan dan sterilnya kandang, peternak juga harus menjaga kebersihan badan usai bersentuhan dengan ternak. Selain itu pakaian yang dikenakan juga harus disterilkan dengan direndam menggunakan cairan yang disarankan.(de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close