Dinamika AktualKabar Kota Kita

Waspada DB, Kasus di Ponorogo Mulai Meningkat

Dutanusantarafm-Kasus demam berdarah di Kabupaten Ponorogo mulai meningkat pada beberapa pekan ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menghimbau warga masyarakat untuk meningkatkan PSN agar DB bisa dikendalikan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan Ponorogo Heni Lestari menyebut dalam dua pekan terakhir terdapat 30 kasus demam berdarah. Data ini menunjukkan mulai ada peningkatan kasus DB di Ponorogo.

“kalau melihat data itu, kasus DB di Ponorogo nampak ada peningkatan” terangnya.

Kasus demam berdarah di Ponorogo tahun 2021 sampai pekan ini tercatat sebanyak 107 penderita, satu penderita meninggal pada bulan April 2021. Agar kasus tidak terus meningkat maka pihaknya meminta masyarakat tidak lengah.

Heni mengingatkan akan pentingnya PSN dimusim hujan seperti sekarang. Jangan sampai ada genangan air yang bisa menjadi tempat berkembangya nyamuk, termasuk rutin untuk membersihkan bak mandi atau tempat penampungan air.

“PSN harus terus digalakkan jangan sampai jentik nyamuk ada dimana-mana” imbuhnya.

PSN diharapkan juga dilakukan melalui kerja bakti di lingkungannya masing-masing. Prioritasnya adalah membersihkan sampah-sampah yang menampung air hujan dan bisa menjadi tempat munculnya jentik nyamuk aedes aegypti. Seperti sampah botol bekas, kaleng bekas, jurigen bekas, bak plastik dan sebagainya. Selain itu setiap rumah disarankan ada satu orang yang rutin memantau ada tidaknya jentik nyamuk. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close