Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Vaksinasi Dosis Tiga Moderna Untuk Nakes Di Ponorogo Dikebut

Dutanusantarafm-Suntikan vaksin dosis tiga moderna diberikan kepada para tenaga kesehatan di Ponorogo sejak Jum’at (13/08/2021) kemaren. Nakes yang telah mendapatkan vaksinasi tersebut diantaranya yang bekerja di sejumlah pelayanan masyarakat.

Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit dinas Kesehatan Ponorogo Heni lestari mengatakan sasaran vaksinasi dosis tiga ini adalah hampir lima ribu nakes di Ponorogo. Pada hari jumat lalu telah mulai dilakukan vaksinasi kepada nakes yang bekerja di Puskesmas Balong, Ngrandu, dan Ponorogo utara. Vaksinasi dilanjutkan kembali minggu ini untuk tenaga kesehatan yang bekerja di Dinas Kesehatan, RSUD Hardjono, nakes yang bekerja di shelter dan sejumlah puskesmas di Ponorogo.

“vaksinasi dilanjutkan minggu ini, seperti yang dilakukan di kantor Dinkes Ponorogo hari ini ”ungkapnya.

Vaksinasi yang sudah dilakukan selama dua hari ini telah menyasar hampir seratus orang tenaga kesehatan. Ia menjelaskan rencananya vaksinasi disetiap tempat pelayanan kesehatan minimal akan dilakukan dalam dua gelombang. Hal itu dimaksudkan agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak terhambat. Mengingat pada vaksin jenis moderna ada reaksi atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Kejadian ikutan pasca imunisasi atau setelah divaksin itu seperti demam, nyeri pada otot dalam satu atau dua hari. Namun reaksi itu bisa dikurangi setelah minum obat penurun panas atau sejenisnya.

“seperti yang disampaikan mereka yang sudah divaksin moderna,ada reaksi seperti itu”jelasnya.

Setelah divaksin dosis tiga maka diharapkan imun para tenaga kesehatan akan semakin meningkat, sehingga resiko terpapar covid 19 juga semakin kecil. Para nakes menjadi prioritas mendapatakan vaksinasi karena resiko terpapar covid cukup tinggi. Apalagi sudah banyak nakes yang meninggal akibat terpapar covid 19.

Heni juga menambahkan Dinas Kesehatan Ponorogo sebelumnya telah menerima vaksin moderna sebanyak 250 vial atau sekitar 3500 dosis. Targetnya vaksinasi untuk nakes sejumlah dosis itu bisa rampung dalam waktu dua minggu.

“semoga minggu depan vaksinasi untuk nakes ini bisa selesai” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close