Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Upacara Detik-detik Proklamasi Di Perempatan Pasar Legi, Cara Ansor Ponorogo Bangkitkan Nasionalisme

Dutanusantarafm-Ansor Ponorogo memilih perempatan Pasar Legi sebagai tempat upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI karena tempat ini sebagai jantung perekonomian Ponorogo. Upacara HUT ke 76 RI yang diselenggarakan oleh GP Ansor, banser,.dan didukung satlantas Polres Ponorogo pada Selasa (17/08/2021) inipun terasa lain.

Pada pukul 10:00 WIB saat detik-detik proklamasi pemimpin dan peserta upacara termasuk para pedagang,pengunjung pasar, warga yang melintas di perempatan Pasar Legipun berhenti, berdiri bersama-sama menghormat bendera merah putih sambil menyanyikan Indonesia Raya. Meski sejenak para peserta upacara melakukannya dengan penuh khidmat.

Ketua GP Ansor Ponorogo Syamsul Maarif mengatakan merujuk pada teks proklamasi bahwa proklamator Soekarno-Hatta mengatasnamakan bangsa Indonesia saat menyatakan kemerdekaan Indonesia.

“ artinya yang memproklamasikan itu hakikatnya segenap bangsa Indonesia, termasuk warga Ponorogo. Bukan hanya Pak Sokerno dan Pak Hatta,“ ucap Syamsul.

Ia menambahkan spirit itulah yang melatarbelakangi upacara detik-detik proklamasi dilakukan di Pasar Legi yang merupakan Jantung perekonomian masyarakat Ponorogo. Dengan cara ini maka khalayak luas bisa mengikutinya.

“Ini adalah wujud bahwa peringatan detik-detik proklamasi bisa diperingati dimanapun, termasuk mall, di persawahan, pabrik, lingkungan masyarakat atau tempat lainnya.” imbuhnya.

Ia berharap upacara proklamasi kedepan dapat dilakukan secara lebih luas untuk menanamkan lebih dalam cinta kepada NKRI, sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap para pahlawan bangsa. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close