Kabar Kota KitaSekitar Kita

Tidak Cukup Penuhi Kebutuhan Hidup, Jaga Panti Duafa Lansia Terhindar Covid 19

Dutanusantarafm-Mengelola Panti Duafa Lansia saat Pandemi covid 19 menjadi tidak mudah. Merawat dan menjaga para lansia bukan sekedar memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tetapi juga mencegahnya untuk tidak terpapar covid 19.

Para lansia dengan kondisi mereka yang lemah berpotensi gampang tertular penyakit, tidak terkecuali covid 19.

“Mereka rentan sakit, tenaganya tidak seperti saat muda dulu.” ungkap Rama Pengelola Panti Duafa Lansia Ngasinan Jetis.

Panti ini saat ini merawat 128 orang yang terdiri dari duafa, lansia, termasuk disabilitas. Masa pandemi untuk mempertahankan panti bukan hanya harus rela meluangkan waktu, memberikan kasih sayang seperti keluarga sendiri. Rama menuturkan masa pandemi yang berdampak pada sektor ekonomi sangat berdampak juga pada aliran donasi.

Ketika pandemi ikut memperpuruk roda ekonomi, sumbangan dari donatur ke panti juga menurun. Pengelola tentu harus tetap memastikan kebutuhan hidup mereka yang ada di panti terus tersedia. Makan dan minum dengan tambahan gizi harus terus diberikan setiap hari, karena itu dengan berbagai cara kebutuhan harus terpenuhi.

Rama meceritakan pada awal tahun 2021 ia harus pulang ke desanya untuk mencari sayur, kebutuhan pokok dan lainnya di kebunnya. Saat itu stok sudah mulai kosong, bantuan pemerintah juga belum bisa dicairkan.

“kita sangat memahami mas, bila yang berdonasi menurun karena mereka terdampak covid. Kita harus terus berjuang semampu kita agar panti tetap bertahan” ucapnya.

Pria berambut panjang ini memang cukup lama mengelola panti, namun merebaknya pandemi covid tentu baru kali ini dialami. Virus yang mudah menular itu harus diantisipasi agar tidak masuk ke pantinya. Maka dengan protokol kesehatan ketat, petugas dan warga panti menjalani kehidupan sehari-hari.

Meski mereka hanya tinggal di panti, tidak punya mobilitas keluar bukan berarti tidak ada potensi tertular covid 19. Ramapun rutin mendatangkan petugas medis dari puskesmas untuk mengecek kondisi kesehatanya.

Perlu diketahui para lansia yang ada di panti tidak semua kondisinya sehat, banyak diantaranya sudah tidak mampu lagi berjalan hamya berbaring diatas tempat tidur, sebagian ada yang sakit sehingga harus dirawat.

Untuk mencegah terpapar covid maka para lansia ini tidak luput dari vaksinasi covid 19. Dinas Sosial bersama Dinkes Ponorogo telah menyuntikkan vaksin untuk sebagian lansia, duafa, juga disabilitas. Petugas datang ke panti, dan vaksinasi telah diberikan, meski tidak semua divaksin karena ada yang sakit dan kondisi lain yang belum memungkinkan.

“Alhamdulillah vaksinasi bisa diberikan untuk mereka yang layak divaksin” urainya.

Ramapun berharap pandemi covid segera berakhir, perekonomian pulih dan kehidupan bisa berjalan normal kembali. Mengelola panti yang sudah panggilan hati akan terus dijalani, dalam kondisi silih berganti. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close