Dinamika AktualKabar Kota Kita

Tidak Ada Kelonggaran Khusus, Bank Daerah Tetap Siap Penuhi Permohonan Kredit Peternak

Dutanusantarafm.com-Permintaan kelonggaran kredit bagi peternak yang terdampak penyakit kuku dan mulut (PMK), sepertinya tidak bisa terwujud. Perbankan memastikan, tetap akan memberlakukan prosedur yang berlaku.

Yohakim Wondo Hadi Wiyono, Pemimpin Bidang Operasional (PBO) Bank Jatim Cabang Ponorogo mengungkapkan tidak ada kelonggaran khusus bagi peternak terdampak PMK. Mengingat, pinjaman yang selama ini diberikan sudah sangat mudah.

“Tetap harus sesuai prosedur yang ada. Karena kami sudah memberikan pinjaman dengan bunga sangat rendah. Kami kan juga bekerja sesuai standar OJK,” kata Wondo saat ditemui dikantornya pada Senin (20/06 2022).

Kemudahan yang dimaksud Wondo, salah satunya dengan rendahnya bunga pinjaman yang dibebankan. Yakni, hanya 6 persen dari total pinjaman pertahun. Artinya, debitur atau peminjam hanya menambah bunga pinjaman 0,05 persen per bulan.

Terkait kemudahan verifikasi, Wondo tetap tidak mengubah syarat dan ketentuan maupun tahapan dalam proses kredit. Yakni, terdaftarnya pengajuan kredit, verifikasi berkas, survei tempat usaha dan pengesahan.

“Monggo kami persilakan untuk mengajukan permohonan kredit. Selama itu memenuhi syarat, kami akan memberikan pinjaman sesuai pengajuan,” tuturnya.

Sesuai catatan Wondo, saat ini sudah banyak peternak dari kawasan timur Ponorogo mengajukan permohonan pinjaman. Khususnya, untuk Kecamatan Pulung. Besaran pinjaman bervariatif, mulai dari Rp 100 juta, Rp 150 juta hingga Rp 200 juta.

“Jangka waktu pembayaran yang diambil, ada yang tiga tahun dan ada juga yang 4 tahun,” tegasnya.

Terkait apakah sudah ada peternak terdampak PMK yang mengajukan permohonan kredit, Wondo mengaku belum ada yang mengajukan.

Diberitakan sebelumnya, per 17 Juni 2022, ada lebih dari 4000 kasus ternak mati dan 15 ribu terpapar PMK. Jumlah itu termasuk tinggi, dari jumlah populasi 60 ribu ekor di Kabupaten Ponorogo. (Umi Duta)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close