Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Tetap Prokes, Tak Halangi Javex 2021 Off Road Sentuh Kelestarian Alam

DUTANUSANTARAFM.COM: Indonesia Offroad  Java Expedition ( Javex) 2021 menggelar offroad keliling  Yogyakarta – Jawa Timur  dalam 4 hari ini. Para Offroader nasional ini memulai perjalanan dari titik kumpul di Yogyakarta Senin (22/11/2021) dan sampai di Ponorogo pada Selasa (23/11/2021) untuk reuni sekaigus diundang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Di masa pandemi ini, meski sudah melakukan vaksinasi covid-19 para Offroader yang melakukan penjalanan  keliling Indonesia tetap memakai masker . Selama perjalanan  menjajal medan- medan berat yang menantang adrenalin , mereka juga melakukan  kampanye terkait kelesatarian alam dan menjaga keaneragaman hayati. Salah satunya adalah  menabur benih ikan di Waduk Bendo  Ponoroog bersama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Rabu 924/11/2021).

Aswari Rifai mantan Bupati Lahat Sumatra Selatan yang juga offreader dan termasuk dalam rombongan  menyampaikan selama perjalanan berkeliling Indonesia kekayaan laamnya luar bias . Kita bisa melihat keanekaragam hayati di Indonesia . Sehingga , dia mengajak kepada seluruh masyarakat  untuk menjaga alam sekitar kita . Dan untuk memberi contoh  pada masyarakat,  selama perjalanan rombongan offroad ini  juga melakukan aksi tabur benih ikan  dan penanam pohon

‘Menabur benih ikan ini berarti kita  menabur kebaikan dan kehidupan. Dan saya mengapresiasi pak Bupati  Ponorogo yang peduli terhadap lingkungan. Karena jarang ada pemerintah daerah atau pejabat yang peduli  terhadap  kelestarian lingkungan hidup. .Saya berharap di masa pandemic ini  selain kita berjuangan melawan covid dengan mentaati protokol kesehatan kita juga berjuang dalam pemulihan ekonmi salah satunnya dnegan pemulihan kelestarian alam,” ungkap Aswari Rifai

Hal senada juga disampaikan Bupati  Ponorogo Sugiri Sancoko usai melakukankan tabor benih ikan nila, mujahir dan beberap ikan lokal lainnya. Penaburan  benih ikan ,memilih ikan-ikan yang bukan jenis predator , karean ikan jenis predator akan  memangsa ikan lainnya sehingga bisa menunahkan ikan lokal Waduk Bendo.

“Saya juga meminta kepada masyarakat Ponorogo untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kenekaragaman hayati untuk tidak menangkap ikan dengan pestisida  dan nyetrum  Serta jangan menembangki burung burung liar. Karena kelestarian keanekaragaman hayati ini akan bermanfaat untuk masa depan anak cucuk kita , “kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.  (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close