Dinamika AktualKabar Kota Kita

Terkait Temuan Kasus Gangguan Jiwa pada Anak, Dinsos Klaim Sudah Dampingi Korban

Dutanusantarafm.com- Adanya temuan kasus gangguan jiwa pada pelajar di Ponorogo beberapa waktu lalu, menjadi perhatian serius Dinas Sosial setempat. Dinas mengklaim saat ini sudah melakukan pendampingan di sekolah terkait.

“Yang jelas kami sudah mengkonfirmasi, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan sekolah. Kita juga sudah lakukan assesmen, ” ungkap Kepala Dinas Sosial setempat, Gulang Winarno Senin (11/07/2022).

Setelah melakukan klarifikasi, kata Winarno pihaknya kemudian melakukan assesmen ke sekolah. Selanjutnya, dinas juga melakukan pendampingan psikologis dibawah naungan unit Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PTP2A).

Selain itu Gulang juga meminta sekolah agar memberikan pemahaman terhadap anak didiknya. Termasuk, juga rutin memberikan konseling terhadap peserta didik mereka. Khususnya bila ada anak yang berperilaku tidak seperti biasa.

“Melalui kegiatan itu, kami berharap agar bisa menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak,” katanya.

Sedangkan untuk keluarga, imbuh Gulang pihaknya mengklaim juga intens melakukan sosialisasi dan pendampingan. Salah satunya melalui relawan dari Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di setiap desa.

“Ada pelajar dan juga anak putus sekolah yang saat ini kami dampingi. Termasuk para perempuan korban kekerasan, ” terangnya.

Gulang juga menghimbau kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam memberikan perlindungan dan pendidikan kepada anak.

“Jika dirumah anak ini menjadi tanggung jawab orangtua, di sekolah guru, dan dilingkungan sosial adalah tanggung jawab masyarakat,” tegasnya. (Umi Duta)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close