Dinamika AktualKabar Kota Kita

Tahun Ajaran Baru, SMA/SMK Ponorogo Mulai Terapkan IKM

Dutanusantarafm.com- Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SMA/SMK di Kabupaten Ponorogo akan dimulai di tahun ajaran baru kali ini. Diklaim lebih sederhana, IKM akan lebih mudah diterima seluruh warga sekolah.

Kasi SMA PKPLL Cabdin Wilayah Ponorogo, Eko Budi Santoso mengatakan IKM merupakan kurikulum dengan metode pembelajaran yang aplikatif, inovatif dan sederhana. Sehingga, akan sangat cocok dengan kebutuhan peserta didik saat ini.

“Jika sebelumnya guru akan dipusingkan dengan urusan administratif, sekarang mereka bisa fokus dalam mengajar dan mendampingi siswa,” terang Eko kemarin (26/06 2022).

Eko mencontohkan, jika kurikulum sebelumnya guru harus mengirimkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setebal satu rim untuk disahkan dinas. Sekarang, hanya butuh satu lembar setiap hari. Sehingga bisa dengan mudah dipelajari dan dievaluasi.

Satu lembar RPP tersebut, berisi tentang rencana pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa dengan inovasi yg diterapkan oleh guru. Sehingga akan terlihat materi dan bentuk pembelajaran, yang disampaikan besok oleh setiap guru.

“Jadi saat penelitian ini dilaksanakan, nanti akan tahu persis seberapa jauh siswa menerima penjelasan. Itu akan terlihat, sangat sederhana, tidak memberatkan anak, dan inovasinya tidak terbatas,” imbuhnya.

Inovasi tidak terbatas, lanjut Eko yakni para guru bisa mendampingi siswa tidak hanya di dalam kelas. Mereka bisa mengeksplor ilmu dan pengetahuan melalui alam, industri maupun pembelajaran outdor lainnya.

Sehingga, capaian belajar tidak hanya berkutat pada nilai. Melainkan juga pengetahuan berdasar pengalaman, serta wawasan yang luas.

Untuk mempercepat pembelajaran dan pemahaman IKM, saat ini para guru dan juga kepala sekolah tengah konsen mengikuti berbagai pelatihan dan juga diskusi. Yakni melalui komunitas belajar, serta berbagai pertemuan antar guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

“Tahapan atau step untuk penerapan IKM kan masih banyak. Dan untuk akselerasi nya ya melalui berbagai kegiatan komunitas itu,” tegasnya. (Umi Duta)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close