Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Senin, 6 Maret 2023 - 16:41 WIB

Soal Ujian Berkode, Peserta Ujian Perangkat Desa Sendang Protes

Para pesera ujian Perangkat Desa Sendang mengirimkan surat gugatan karena menemukan soal ujian berkode, Senin ( 06/03/2023)

Para pesera ujian Perangkat Desa Sendang mengirimkan surat gugatan karena menemukan soal ujian berkode, Senin ( 06/03/2023)

DUTANUSANTARAFM.COM: Temukan 7 indikasi kecurangan dan pengkondisian dalam ujian perangkat Desa Sendang Kecamatan Jambon yang dilaksanakaan pada Kamis (02/03/2023) para peserta ujian mengirimkan surat  gugatan sekaligus nota protes kepada panitia.  Surat gugatan /Nota protes dikirimkan  kepada panitia rekruitmen , kepada Kepala  Desa, Pengawas Kecamatan , Polsek Jambon, Koramil Jambon  dan media.   Ada 7 orang peserta yang melayangkan surat gugatan yang berisi 7 indikator kecurangan dan pengkondisian serta  3 tuntutan .  Mereka adalah Frendi Adi Nugroho, Alif Nur Islamudin, Nopi Rohmatul laili, Erni Ayu Mustikasari, Awalul laili Nur,Novi Ismawati dan Risky Andrian Putra. Surat diterima langsung oleh Suyoto Ketua Panitia Rekruitmen Perangkat Desa Sendang  dan Kades Sendang Taufikhurrohman .

Frendi Adi Nugroho salah satu peserta yang ikut menandatangai surat gugatan  menyampaikan bahwa  Senin ( 06/03/2023) masih merupakan masa sanggah atau gugatan. Dalam suranya dinyatkan bahwa mencolok hasil tes perangkat Desa Sendang Kecamatan Jambon yang dilaksanakanan Kamis (02/03/2023)  bertempat di Universitas Muhammadiyah  Ponorogo. Diantaranya adalah soal ujian yang berpola dan berkode .

“ Saya sudah mengujinya. Jika   pertanyaan diawali dengan karta apakah maka jawabannya adalah A. Dan ,  jika pertanyaannya dimulai dengan kata bagaimanakah maka jawabannya adalah B, “terang Frendi. .

Lebih lanjut diterangkannya, 7 item indicator kecurangan dan pengkodisian adalah; Pertama, ditemukan kejanggalan dalam soal ujian berpola dan berkode . Ke 2,  nilai hasil tes ujian CBT tidak langsung keluar nunggu lama  padahal hasil tes komputer harusnya  nilai  bisa langsung keluar . Ke 3, berita acara hasil ujian dikeluarkan dengan tenggang waktu yang sangat  lama panitia pengawas mengatakan ada kendala teknis printer rusak dan tidak ada laptop . Ke 4,  camat sebagai pengawas terlihat di ikut pengkondisisn dengan berada diruang tim pelaksana ujian dalam waktu lama.  Ke 5,  Peserta bernama Frendi  Adi Nugroho karean kritis  dalam menanggapi kejanggalan ujian dan perbitan beita acara sempat dipanggail intel dan camat alam suatu ruangan .  Ke 6,  peserta Frendi  pada saat ujian susulan sengaja tidak  mengerjakan ujian praktek komputer tapi ternyata malah dapat  nilai tertinggi.  Dan ke 7, peserta yang lolos saat ini sesuai prediksi masyarakat  dan skenario ujian  2019 yang sempat gagal.

“Aneh saja jika kampus sekelas UNMUH printer rusak atau tak ada laptop. Maka kami menuntut  panitia dan kepala desa tidak menandatangi berita acara, kedua  pelantikan tidak boleh dilaksanakan sebelum  protes diselesaikan dan ke tiga meminta pengawas mempertemukan peserta dengan pihak pelaksana ujian , “ungkap Frendi.

Suyoto Ketua Panitia Rekruitmen Perangkat Desa Sendang , ketika dikonfirmasi dutanusantarafm.com  di Aula Balai Desa Sendang , Senin ( 06/03/2023) setelah menerima surat protes terkait ujian sepeprti lempar tanggungjawab dengan mempersilakan peserta  menanyakan ke pihak UNMUH Ponorogo. Karena hal tersebut diluar kapasitasnya. Kapasitas panitia hanya mengantarkan peserta saja ke UNMUH dan menunggu hasil ujian saja.  Menyoal,  tahapan apa yang akan dilakukan setelah adanya surat gugatan tersebut sesuai dengan  erbup tampaknya Suyoto juga tidak tahu.

“ Tugas panitia ,  mengantarkan dan menunggu hasil dari saja. Jika mengarah ke pola tes silahkah tanyakan ke UNMUH karena kewenangan mereka, “jelas Suyoto. (wid)

Berita ini 160 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen