Dinamika AktualKabar Kota Kita

SMP Juga Siap, Terapkan IKM pada Tahun Ajaran Baru

Dutanusantarafm.com- Selain SMA/SMK penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) belajar, juga dilakukan jenjang SMP. Namun, sekolah baru mengaplikasikan di kelas VII.

Kepala SMPN 1 Ponorogo, Imam Mujahid mengungkapkan secara keseluruhan lembaga pendidikan termasuk SMP, akan menerapkan IKM saat tahun ajaran baru tahun ini.

“Nanti akan kami implementasikan di kelas VII. Saat ini PPDB sudah berjalan, hari ini pengumuman terakhir,” terangnya saat ditemui di sekolah kemarin (27/06 2022).

Sama dengan jenjang atas, implementasi kurikulum merdeka belajar diklaim akan mampu menghidupkan sekaligus mengawal potensi siswa didik. Selain itu, IKM juga akan menjadi wadah untuk memaksimalkan kompetensi dan bakat anak.

Saat ini, lanjut Imam pihaknya sudah menyiapkan beberapa tahap IKM. Pertama, yakni penyiapan guru penggerak yang sudah mengikuti berbagai workshop. Saat ini, sudah ada tujuh tenaga pendidik yang tercatat sebagai guru penggerak dan praktik guru penggerak.

“Nanti akan bertahap, karena tidak mudah juga mendaftar sebagai guru penggerak. Banyak syarat yang harus dipenuhi,” imbuhnya.

Imam yang juga dosen disalah satu universitas swasta di Ponorogo itu menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan kemampuan guru penggerak. Termasuk, menggelar workshop untuk pendalaman materi.

Terkait kendala, Imam mengaku butuh waktu untuk bisa sepenuhnya menguasai. Memang pasti akan ada kendala, mengingat IKM merupakan produk baru. Pun, pihaknya mengaku akan membuka kedua tangan terhadap perubahan kurikulum bagi peserta didiknya itu.

“Perlu penyesuaian lama, karena guru dan juga siswa harus paham dengan konsep itu. Harus memiliki semangat untuk berubah, dan ketiga teori harus dikuasai. Sehingga dilapangan bisa meminimalisir kendala,” tegasnya. (Umi Duta)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close