Home / Dinamika Aktual / Highlight News

Minggu, 14 April 2024 - 14:56 WIB

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Njleput,, keluhan petani padi akibat tingginya  harga sewa  mesin panen dan merosotnya harga gabah

Njleput,, keluhan petani padi akibat tingginya harga sewa mesin panen dan merosotnya harga gabah

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo- Kesulitan dialami oleh petani di berbagai wialayah di Ponorogo , Madiun dan sekitarnya sejak jelang hari raya Idul Fitri  hingga  Lebaran Hari ke 7 , Minggu ( 14/04/2024).  Petani padi Ponorogo dan Madiun yang memasuki musim panen  kesulitan mendapatkan sewa mesin  panen baik jenis combine  maupun dos rayap.  Akibatnya kelangkaan  mesim panen ini,  harga sewa menjadi melangit dari Rp 250 ,000 – Rp. 350,000 per kotak saat kondisi normal  sekarang menjadi Rp. 700.000 – Rp 1 juta per kotak . Kejadian ini tidak biasa , karena setiap musim panen biasanya  operator  dari berbagai kabupaten  datang sendiri untuk mencari area kerja .  Jika jadwal musim panen raya padi datang , puluhan  mesin pemanen padi sudah besliweran  di Ponorogo dengan berbagai merk dan berbagai tarif sewa yang bersaing murah . Namun , sejak sebelum lebaran hingga  sekarang ini  Minggu ( 14/04/2024) terjadi kelangkaan alat mesin panen padi ini sehingga tarifnya menjadi  melangit.

Irwan  , petani asal Desa Parang Menang Kecamatan Jambon  Kabupaten Ponorogo mengaku  terpaksa  menerima berapapun nilai sewa yang diajukan oleh operator alsintan untuk memanen padinya pada Minggu ( 14/04/2024) . Karena padinya sudah terlambat dipanen sehingga Ngresek , Jika  dibiarkan lebih lama lagi maka produksinya akan semakin menurun.

“Hari ini kita panen dengan sewa  mesin panen  Rp 700.000 per kotak atau 1400 m2. Harga padi kering sawah   juga turun di kisaran harga Rp. 5700 per kg . Karena harganya sangat rendah maka kita bawa pulang dulu untuk kita jemur dan kita simpan untuk candangan pangan dirumah , “terang Irwan .

Hal senada juga  disampaikan Suyadi, petai asal Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten  Madiun.  Suyadi kesulitan mendapatkan persewaan mesin panen padi sejak  sebelum lebaran .   Adanya ,  operator  mesin combine yang  satu paket dengan pedagang gabah .   Operator Combine akan mau  memanen  padi milik petani jika  gabahnya dijual ke pedagang  yang bekerjasama dengan mereka .

“Sewanya  sejak jelang lebaran kemarin Rp. 600.000 per kotak . Itu pun di janjikan terus  tidak datang-datang mesinnya  Padahal sewanya kita ngikut apa yang dikata oleh mereka . Karena  jika tidak segera di panen  wah rugi lebih besar kita para petani , “terang Suyadi .( wid)

 

Berita ini 208 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar