Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Sempat kekurangan Dosis Vaksin ‘Booster’ Untuk Para Nakes Ponorogo Akhirnya Tercukupi

 

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ponorogo : Secara marathon Dinas Kesehatan Ponorogo terus melakukan vaksinasi Covid-19, tak terkecuali vaksin dosis ke-tiga atau Booster bagi para tenaga kesehatan (Nakes). Setidaknya ada 250 vial vaksin yang telah disiapkan dan didistribusikan ke sejumlah puskesmas yang ada di kabupaten Ponorogo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Hani Lastari menuturkan vaksinasi dosis ketiga ini telah dilakukan kepada para nakes sejak pekan ke-2 bulan Agustus 2021.

Ia menjelaskan untuk satu Vial vaksin sejatinya dapat digunakan untuk 14 orang atau sekitar 3500 dosis dari 250 vial vaksin. Namun pada implementasinya tidak semuanya dapat digunakan karena satu dan lain hal terutama menyangkut soal tekhnis.

“Memang 1 vialnya itu sebenarnya untuk 14 dosis. Cuma karena moderna itu kan perlakuannya khusus, kalau misalnya dalam 1 vial kurang sedikit aja tidak mencukupi untuk satu dosis tidak boleh ditambahkan dari vial yang lain. Jadi harus mengambil yang baru dari vial yang baru, memang moderna seperti itu,” kata Heni, Minggu (22/8/2021).

Pun selain itu kata Heni vaksin ketiga jenis Moderna ini memang memerlukan perlakuan khusus.

“Kadang-kadang didalam 1 vial itu tidak bisa mencukupi untuk 14 dosis, padahal sebenarnya kita sudah berhitung 250 vial dikali 14 jadi 3500, tapi kalau dilihat kemungkinannya nggak sampai,” sambungnya.

Heni mengungkapkan   kemarin memang  dosis vaksin yang ada belum mampu menjangkau semua nakes di Kabupaten Ponorogo yang jumlahnya mencapai 5000 an orang lebih jika mengacu data pada  Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Namun sekarang ini sudah tercukupi karena ada droping lagi sebanyak 2000 dosis , Selasa ( 24/08/2021)

“Sudah tiba tambahan 2000 dosis vaksin booster moderna yang sebagian dapat digunakan bagi masyarakat, selain untuk memenuhi kekurangan dosis bagi para nakes, “ungkapnya. (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close