Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Sat set, DLH Ponorogo Bangun Box Culvert Atasi Pencemaran TPA Mrican

DUTANUSANTARAFM.COM :  Pemerintah Kabupaten Ponorogo  dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  merespon cepat keluhan petani disekitar Kawasan TPA Mrican yang tercemar air lindi. Cemaran air lindi telah membuat petani mengalami gagal panen. Merespon keluhan tersebut DLH  merencanakan akan membangun Box  Calvert sepanjang 395 meter pada saluran irigasi . Box Culvert ini akan dibangun terpisah dengan saluran irigasi yang ada sat ini. Rencananya box culvert untuk mengalirkan air lindi  ke saluran Inastalasi pengolahan air Limbah (IPAL).

“Air lindi setelah terolah di Ipal selanjutnya akan diuji coba kadar limbahya dengan kehidupan ikan.  Jika ikan sudah bisa hidup berarti kandungan airnya sudah netral dan bisa di buang disaluran umum, “ kata Abri Susilo, Kepala UPT TPA Mrican Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo, Kamis (07/04/2022).

Lebih Lanjut,   Abri susilo menjelaskan pembanguann Box Culvert, Ipal dan Talud akan dilakukan pada Anggaran  Perubahan 2022.   Talud di bangun setinggi 3 meter dari arah barat ke selatan untuk menahan limpahan sampah sehingga tidak sampai masuk ke persawahan masyarakat .

“Para anggota dewan sudah melakukan sidak ke lokasi TPA Mrican dan mereka mendukung untuk rencana pembangunan box culvert, ipal dan talud. Rencana anggarannya  sebesar Rp. 3-4 milyar, “ Jelas Abri Susanto.  (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close