Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

RS Yasyfin Ponpes Gontor Siap Dioperasionalkan Plus Ruang Covid-19

DUTANUSANTARAFM.COM :  Direktur  RS Yasyfin Pondok Modern Gontor  Ponorogo  dr. Gatot Subroto didampingi  jajaran direksi  melakukan pertemuan dan audiensi dengan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko , Rabu ( 01/12/2021) di Pringgitan. Pertemuan tersebut membahas peresmian sekaligus rencana operasional RS .  Yasyfin yang akan dilakukan oleh pihak Pondok Pesantren  pada awal Januari 2022. RS. Yasyfin mulai dibangun pada tahun 2020 lalu sebagai salah satu bentuk antisipasi  penanggulangan penyebaran covid-19 di lingkungan Pondok Pesantren. Namun seiring perkembangan  saat ini, RS. Yasyfin tidak  saja untuk penanganan covid dilingkungan Pondok pesantren namun juga bersifat  umum  untuk masyarakat umum.

“Ya benar , rumah sakit ini  nantinya tidak saja untuk intern  pondok pesantren namun juga menerima pasien dari  masyarkat Ponorogo dari wilayah selatan termasuk untuk masyarakat Kabupaten Trenggalek.  Masyarakat Ponorogo Selatan kalau  ke kota Ponorogo terlalu jauh  sehingga bisa mendapatkan pelaayanan kesehatan di RS. Yasyfin, “ungkap Direktur  RS Yasyfin Pondok Moder Gortor  Ponorogo  dr.  Gatot Subroto

Di informasikan , RS . Yasyfin yang akan mulai dioperasionalkan pada Januari 2021 ini  memiliki kapasitas 60 bed. Layanan yang diberikan mulai dari pelayanan medis gawat darat, medis umum, medis spesialis dasar, medis spesialis penunjang, layanan penunjang radiologi dan laboratorium, layanan farmasi, layanan keperawatan, layanan kebidanan, layanan penunjang klinik, sampai layanan nok klinik.

 

“Sekarang ini yang sudah siap , ada layanan penyakit dalam, kandungan, jantung, dan bedah. Dokter spesialis ada 5 dan dokter umum yang sudah fix ada 6. Kapasitas 60 dengan ruang operasi kita punya OK 2, dan ruang bersalin kita punya Ruang Radiologi USG 4 Dimensi,” ungkapnya.

 

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko usai audiensi dengan  Direktur dan jajajran direksi RS. Yasyfin Ponpes Gontor  menyampaikan pihaknya  mendorong pihak pondok pesantren untuk membangun rumah sakit ini saat pandemi covid-19 mulai masuk di Ponorogo  dan ada beberapa santri Gontor yang terpapar.  Saat itu , berpikir seyogyanya Ponpes Gontor yang santrinya mencapai  6000 ini punya rumah sakit sendiri

“ Alhamdulillah rumah sakitnya sudah jadi; sudah mau di opersionalnya  sekarang ini tinggal satu langkah lagi menunggu  perizinan Rumah Sakit Yasyfin Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) segera tuntas.  Proses perizinan tinggal selangkah lagi .Dalam waktu dekat bersama dengan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan meninjau secara langsung  untuk proses penerbitan ijin.

Bagi Pemerintah Kabupaten Ponorogo  kehadiran RS. Yasyfin Ponpes Gontor ini  hal bagus bagi masyarakat Ponorogo wilayah selatan. Mereka akan sangat terbantu  mengingat di wilayah tersebut jauh dari akses rumah sakit .

“Dirumah sakit baru ini  juga tersedia  disediakan ruang khusus untuk penanganan covid-19. Karena memang awalnya  terinisiasi  untuk penanganan covid-19, “ terang kang Giri. (wid).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close