Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Rentan Sakit Karena Perubahan Musim, Peternak Diminta Perhatikan Makanan

DUTANUSATARAFM.COM: Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo melakukan kunjungan kepada peternak dimasa pandemi covid-19 ini. Kunjungan dilakukan menindak lanjuti laporan peternak terkait kondisi ternak mereka yang mengalami kelesuan akibat perubahan musim yang ekstrim ini. Tetap dengan protokol kesehatan para petugas kesehatan hewan memberikan pelayanan kepada para peternak dengan melakukan pemeriksaan lapang dan memberikan bantuan pengobatan dan pemberian vitamin. Ini dilakukan , untuk membantu pemulihan ekonomi sektor pertanian  bidang peternakan ditegah pandemi covid-19. Dokter hewan  meminta kepada peternak Ponorogo terutama peternak sapi untuk memperhatikan hewan peliharaannya pada perubahan musim ini. Cuaca ekstrim saat ini ternyata berpengaruh pada kesehatan hewan. Karena berdasarkan laporan dari para peternak ,  banyak sapi  mereka yang kehilangan selera makan dan diare di musim penghujan ini. Sehingga diperlukan tambahan vitamin dan pemberian makan yang tepat  agar daya tahan sapi kuat.

Dokter Hewan Roin Ummaya , Medik Veteriner  Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo  menyampaikan  pihaknya melakukan kunjungan ke peternak untuk melihat , memeriksa dan memberikan bantuan pengobatan pada ternak yang sakit yang dilaporkan, kemarin. Di musim hujan dengan cuaca ekstrim ini  diperlukan pemilihan pakan yang tepat agar daya tahan tubuh hewan kuat dan tidak diare . Sehingga  selain menambah vitamin, pemilihan pakan hijauan harus  diperhatikan. Karena hujan begini , petani biasanya  kesulitan mendapatkan hijauan. Kadang , peternak  terpaksa  memberikan makanan rumput yang masih muda dan basah sehingga kandungan airnya tinggi. Ini  kadang memicu diare pada hewan ternak.

” saya persilakan kepada peternak untuk  melakukan konsultasi terkait kesehatan hewan jika aa masalah dengan ternaknya, “kata drh. Roin Ummaya , Medik Veteriner  Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo  Kepada.

Sementara itu  Widayati , peternak asal Desa Babadan Kecamatan Babadan mengaku senang dengan layanan dari Bidang Peternakan Ponorogo. Karena sebagai peternak  pemula jika tidak ada yang mendampingi  atau jika tidak ada tempat konsultasi akan merasa kebingunan  jika ada masalah kesehatan ternaknya. Apalagi dengan situasi pandemi covid-19 yang serba terbatas ini , keberadaan petugas sangat di butuhkan.Widayati mengaku baru memulai berternak sapi sekitar satu bulan ini untuk bisa memulihkan ekonomi keluarga akibat imbas pandemi covid-19

“Ya senang bisa konsultasi dengan dokter hewan Roin. Kemarin sempat bingung  kemana harus tanya -tanya ternyata  konsultasi kepada  petugas  Kesehatan hewan Dinas Pertanian Pertanian Ketahanan Pangan dan perikanan Kabupaten Ponorogo cepat direspon, “kata Widayati.  (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close