Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Ramadhan. PMI Ponorogo Sukses Jaga Stok Meski Dimasa Pandemi

Dutanusantarafm-Untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga stok darah di UDD PMI Ponorogo, berbagai terobosan dilakukan. Karena itu aelama bulan ramadhan ini stok tersedia cukup, meski masih dimasa pandemi.

Tetobosan itu antara lain anjuran donor pengganti bagi yang membutuhkan darah. Kepala bagian pelayanan UDD PMI Ponorogo Sunarmi mengatakan cara itu dilterapkan sejak jelang bulan puasa ramadhan kemaren, agar tidak sampai terjadi kekosongan darah.

” Apalagi selama bulan ramadhan ini kebutuhan darah juga cenderung meningkat.” terangnya.

Sunarmi mengatakan donor darah pengganti diterapkan bekerjasama dengan rumah sakit yang membutuhkan darah. Dengan cara itu maka pasien yang membutuhkan akan lebih bisa mendapatkan kepastian adanya darah.

Ia menjelaskan selain kebijakan donor darah pengganti untuk menjaga ketersediaan darah,secara aktif UDD PMI mengirim pesan pemberitahuan bagi pendonor yang sudah waktunya donor. Dengan diingatkan seperti itu maka mereka pendonor diharapkan tidak lupa lagi bila sudah tiba waktunya donor.
“setiap hari kita kirim pesan via wa, mengingatkan pemdonor yang sudah waktunya donor lagi”ungkapnya.

Cara lain yang dilakukan UDD PMI dengan mengadakan donor darah massal seperti yang dilakukan rutin selama ini. Selama bulan ramadhan kegiatan donor darah massal banyak dilakukan malam hari, atau setelah berbuka puasa.

“Alhamdulillah donor darah massal tetap bisa berjalan meski di bulan ramadhan. Bahkan dalam sehari kadang dilakukan di dua tempat. Hasilnya PMI Ponorogo belum pernah sampai kekosongan stok darah.”pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close