Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

PWI Ponorogo Sambut Baik Instruksi Bupati Soal Tanam Bunga, Klop Dengan Program Refugia

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ketua PWi Ponorogo Hadi Sanyoto menyambut baik  keluarnya intruksi  Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko  No. 560/55/405.30.16.01/2021 tentang penanaman Bunga Daisy di tepi jalan baik jalan perumahan maupun pesawahan  kepada seluruh camat dan Kepala Desa di Ponorogo pada 11 November 2021. Karena instruksi  tersebut sejalan dengan program PWI Ponorogo yang sejak 2016 lalau terus menggencarkan sosialisasi refugia untuk membantu petani dalam pengendalian hama wereng.  Instruksi ini dilakukan ini  tepat dengan  musim penghujan sebagai pertanda bahwa  saat ini adalah musim untuk melakukan penghijauan dan konservasi. Sehingga , diharapkan selain menanam bunga masyarakat Ponorogo juga diminta menanam pohon untuk menjaga kelestarian hutan demi menjaga air dan menjaga tanah agar tidak longsor .

Ketua  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang  Ponorogo Hadi Sanyoto menyambut baik instruksi bupati tersebut.  Instruksi tersebut seperti merespon  kegiatan PWI tahun 2016 lalu yang gencar  membantu mensosialisasikan program penanaman refugia . Refugia ini adalah penanaman bunga –bunga pengendali hama.  Karena setelah serangan hama wereng batang coklat yang terus  terjadi sejak tahun 2010 hingga tahun 2017, gerakan penanaman refugia cukup ampuh dan efektif mengendalikan hama wereng dari pada gerojokan pestisida . Jenis bunga yang tumbuh subur dan cocok di Ponorogo antara lain bunga Cengger Wilah yang jenisnya warnanya ada 4 lebih, bunga Kertasan yang warnanya juga ada 4 lebih, bunga Pacar Air punya 4 jenis warna , bunga Tapak Dara juga mempunyai 4 jenis warna, bunga Kenikiran, bunga Matahari dan  bunga Udel –udelan.

“Buktinya setelah setelah ada gerakan refugia tahun 2016- 2017 serangan hama wereng melandai  namun saya lihat petani 2 tahun terakhir mengabaikan refugia ini sehingga  serangan  wereng muncul lagi . Instruski ini kita harapkan menjadi salah satu reformasi perubahan mindset petani . Karena dalam situasi dan upaya pemulihan ekonomi  dari pandemi covid-19 menuju endemi butuh terobosan –terobosan yang ekstrim demi reformasi pertanian yang ditargetkan  bupati , “kata Hadi Sanyoto (wid) .

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close