Dinamika AktualKabar Kota Kita

Puluhan Sopir Bus di Terminal Selo Aji Ponorogo Jalani Tes Narkoba

Dutanusantarafm- Kondisi kesehatan para sopir bus menjadi bagian penting dalam mendukung kelancaran dari mulai perjalanan sampai ditujuan. Satreskoba Polres Ponorogo bersama Sub Denpom V/1-1 Ponorogo dan Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo melaksanakan kegiatan tes urin kepada sopir dan kondektur bus angkutan darat di Terminal Seloaji Ponorogo, Jum’at (24/12/2021) pagi.

Kasat Reskoba Polres Ponorogo AKP Didik Supriyanto menyampaikan tes urin oleh Petugas dari Dokkes Polres Ponorogo ini untuk mengecek kondisi kesehatan para sopir, khususnya menyangkut narkoba. Hal itu penting karena para sopir harus dipastikan dulu benar-benar dalam keadaan sehat, sebelum menjalankan armada busnya.

AKP Didik nenerangkan kegiatan ini rutin dilakukan menjelang Nataru, karena diprediksi mobilitas kegiatan masyarakat akan meningkat. Peningkatan mobilitas tersebut harus didukung dengan kondisi kesehatan sopir yang betul-betul fit, agar perjalananya lancar.

“ini kegiatan rutin jelang nataru guna mendukung kelancaran perjalanan” ucapnya.

Tes urin juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi yang eror karena terpengaruh oleh narkotika dan obat-obat terlarang. Sopir yang sedang mengkonsumsi narkoba sangat beresiko yang membahayakan diri, para penumpangnya termasuk pengendara yang lain.

Tercatat lebih dari 30 sopir yang di tes urine petugas, dengan hasil tidak ditemukan sopir yang positif mengkonsumsi narkoba. Petugaspun ikut bersyukur dengan hasil yang cukup baik ini.

“Aljhadulillah, hasil tes urin tersebut semua negatif narkoba” ungkapnya.

Apabila hasil tes diketahui ada sopir bus yang kedapatan menggunakan narkoba, mereka akan diberikan sanksi tegas sesuai Undang-Undang. Mereka juga akan dilarang menjalankan armadanya.

Salah satu Pengemudi bus AKAP Eko Budoyo menyambut baik dilaksanakanya tes urin oleh petugas kesehatan Polres Ponorogo. Karena dengan ada tes urin maka ia akan tahu seperti apa kondisi kesehatanya.

Ia mengaku tidak terganggu dengan dilakukanya tes kesehatan. Tes seperti ini diharapkan bisa rutin dilakukan, karena sangat membantu bagi para pengemudi.

“harapan kita tes seperti ini bisa rutin dilakukan mas, sangat bermanfaat kok” tukasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close