Kabar Kota KitaSekitar Kita

PPDB Sebelum Ujian Hilangkan Roh

Dutanusantarafm.com : Gelaran Ujian Madrasah (UM) Ibtidaiyah yang dilaksanakan serentak pada 17-24 Mei 2022 diklaim percuma. Itu karena sudah banyaknya siswa yang terdaftar di sekolah lanjutan, sebelum ujian selesai.
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Panjeng, Kecamatan Jenangan Sugeng Hariyanto mengungkapkan kekecewaannya atas situasi tersebut.

“Saya sangat menyayangkan kondisi ini. Saya merasa jika ruh ujian ini sudah tidak ada. Seolah percuma digelar, karena banyak siswa kami yang sudah ikut tes di sekolah lanjutan,” katanya pada Selasa (17/05 2022).

Kekecewaan itu bukan tanpa alasan. Menurut Sugeng, lebih dari 50 persen siswanya yang saat ini berjumlah 59 anak sudah mengikuti tes atau tercatat sebagai calon peserta didik baru di sekolah jenjang berikutnya sepeti SMP maupun Madrasah Tsanawiyah.

Padahal pihak sekolah sudah bersusah payah menyiapkan pelaksanaan ujian. Termasuk biaya operasional, senilai Rp 115 ribu untuk setiap siswa. Biaya tersebut sudah termasuk untuk ujian praktik.

“Nilai tes kan keluar. Sekolah sekolah lanjutan sudah menggelar tes masuk. Terus nilai UM ini untuk apa,” keluhnya.

Sesuai catatan Sugeng, para siswanya sudah mengikuti rangkaian tes masuk sekolah lanjutan jauh sebelum pelaksanaan UM. Tepatnya pada Maret 2022 atau dua bulan lalu.

Sugeng berharap, agar kondisi tersebut direspon oleh kementerian agama setempat. Mengingat, selama ini pihaknya sudah serius menyiapkan kemampuan peserta didiknya itu.

“Kami sudah mati matian. Mudah-mudahan di benak anak anak tidak ada rasa kekecewaan seperti ini,” tegasnya. (Umi Duta)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close