Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Minggu, 22 Mei 2022 - 15:35 WIB

Ponorogo dan Magetan Bersepakat Saling Jaga Wilayahnya Dari Penyebaran Virus PMK

Mobil Pick Up ini harus balik kanan setelah tim gabungan diperbatasan  melarang masuk Ponorogo untuk mencegah penyebaran PMK, Sabtu (21/05/2022)

Mobil Pick Up ini harus balik kanan setelah tim gabungan diperbatasan melarang masuk Ponorogo untuk mencegah penyebaran PMK, Sabtu (21/05/2022)

DUTANUSANTARAFM.COM  : Bidang Peternakan  Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo  berkoordinasi dengan Bidang peternakan Magetan alam upaya menjaga dan menjcegah penyebabran virus penyakit mulut dan kuku pada sapi.  Pencegahan dilakukan dengan melakukan penyekatanan di perbatasan masing –masing wilayah .  Untuk kabupaten Ponorogo penyekatan dilakuakn di 6 titik untuk menjaga agar sapi di ponorogo tidak terpapapr virus PMK dari kabupaten lain yang sudah ada kasusu posistif. Ke 6 titik yang dilakukan penyekatan dan peternak luar kota yang masuk di Ponorogo harus balik kanan  adalah di pertabatasan  Ponorogo-madiun  dititik  Ngepos-Mlilir,  Perbatasan Ponoror-madiun  masuk  Tular  Desa Purwosari,  Perbatasan Ponorogo- Wonogiri masuk pos Biting, Perbatasan Ponorogo -Magetan masuk  Desa  Kedung Banteng, Perbatasan Ponorogo-Pacitan masuk Slahung,  dan perbatasan Ponorogo –Trenggalek kecamatan Sawoo.

Kepala Bidang  Peternakan Dispertahankan Kabupaten Ponorogo  Siti Barokah menyampaikan  pihaknya melakukan komunikasi dengan  bidang peternakan beberapa  kabupaten tetangga  untuk saling menjaga daerah masing -asing  uncuk mencegah penularan virus PMK .  Karena penularan terjadi bukan dari ternak langsung tapi bisa jadi ternaknya sehat namun kendaraannya  tidak steriil.

“Sehingga kita bersepakat melakukan penyekatan di perbatasan, bahkan untuk kabupaten Magetan karena sudah ditemukan kasus posistif mereka  membuat kebijakan penutupan pasar untuk sementara waktu, “jelas Siti Barokah .

Lebih lanjut , Siti Barokah menjelaskan alam melakukan penyekatan  pihaknya  berupaya bersikap humanisme agar tidak menimbulkan kepanikan baik pedagang maupun peteranak . Petugas , hanya meminta balik kanan sampai terjadi penurunan kasus.  Karena jika situasi membaik pemerintah pasti akan melonggarkan  kegiatan perekonomian  mereka.

Berdasarkan pemantauan dilapangan dutansuntarafm.com, Bidang Peternakan Dispertahankan Kabupaten Ponorogo bersama Polsek dan koramil Jenangan melakukan pemantauan   dam pencegahan masuknya  hewan sapi  dari luar kabupaten ke Ponorogo di perbatasan perbatasan , Sabtu ( 21/05/2022). Pemantauan dilakukan serjak pukul.04.00  hingga 09.00 di 6 titik pos lintas batas Kabupaten  Ponorogo dengan Kabupaten Magetan Madiun, Wonogiri, Pacitan dan Trenggalek. Di Diperbatasan  Ngepos-Mlilir , tim gabungan berhasil meminta  6 mobil pick up pengangkut sapi  untuk  balik kanan . Tidak ada  pedagang yang protes ketika petugas melarang mereka untuk masuk Ponorogo.  (wid)

Berita ini 184 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus