Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 16 Desember 2022 - 12:15 WIB

Ponorogo Butuh Opteker Untuk Serap Surplus Gabah 214 .000 Ton

Surplus gabah  Ponorogo sampai akhir  Desember dipastikan masih mengalami peningkatan, Selasa (13/12/2022)

Surplus gabah Ponorogo sampai akhir Desember dipastikan masih mengalami peningkatan, Selasa (13/12/2022)

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo butuh banyak opteker disampaikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat memberikan sambutan di acara gelar pasar pangan murah dan temu tani di halaman  Kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan)  Ponorogo, Selasa (13/12/2022). Opteker ( pabrik)  penyerap  produk pertanian terutama padi  ini disampaikan oleh bupati agar hasil petani Ponorogo terserap oleh  pasar dengan harga yang pantas.  Pasalnya  hasil produksi beras kabupaten Ponorogo setiap tahunnya mampu surplus gabah sebesar 214 ribu ton.

“Kita butuh banyak opteker agar masuk ke Ponorogo dan menyerap hasil pertanian kita , “kata Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Sedangkan Bulog  Ponorogo  sampai saat ini  baru mampu menyerap  gabah petani Ponorogo sebesar  24 ribu ton. Sehingga saat ini maupun kedepan  masih dibutuhkan  banyak opteker pertanian untuk menyerap surplus gabah petani  sehingga petani tidak selalu dikalahkan ketika musim panen tiba .

Masun, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo  hingga saat ini belum bisa memastikan angka  jumlah surplus beras di Ponorogo tahun anggaran 2022. Pasalnya, tahun anggaran belum berakhir begitu pula musim panen petani juga belum berakhir . Misalnya di Kecamatan Babadan, Ponorogo, Sukorejo  baru mulai memasuki musim    panen .

“ Target RPJM  Pemkab Ponorogo Produksi  beras di angka 397 .000 ton  denga jumlah  konsumsi masyarakat sebanyak   144 .000 ton. Sehingga , dari selisih antara Produksi dan konsumsi ada  ketersedian  253 .000 ton sebagai surplus produksi, “jelas Masun, jumat ( 16/12/2022)

Masun menyatakan surplus  per Jumat (16/12/2022) sudah mencapai 200.000 ton . Harapannya  sampai  akhir tahun anggaran  2022 , atau  pada Januari 2023  sudah bisa menyampaikan angka pasti surplus produksi beras Ponorogo . (wid)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo