Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 16 Desember 2022 - 12:15 WIB

Ponorogo Butuh Opteker Untuk Serap Surplus Gabah 214 .000 Ton

Surplus gabah  Ponorogo sampai akhir  Desember dipastikan masih mengalami peningkatan, Selasa (13/12/2022)

Surplus gabah Ponorogo sampai akhir Desember dipastikan masih mengalami peningkatan, Selasa (13/12/2022)

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo butuh banyak opteker disampaikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat memberikan sambutan di acara gelar pasar pangan murah dan temu tani di halaman  Kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan)  Ponorogo, Selasa (13/12/2022). Opteker ( pabrik)  penyerap  produk pertanian terutama padi  ini disampaikan oleh bupati agar hasil petani Ponorogo terserap oleh  pasar dengan harga yang pantas.  Pasalnya  hasil produksi beras kabupaten Ponorogo setiap tahunnya mampu surplus gabah sebesar 214 ribu ton.

“Kita butuh banyak opteker agar masuk ke Ponorogo dan menyerap hasil pertanian kita , “kata Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Sedangkan Bulog  Ponorogo  sampai saat ini  baru mampu menyerap  gabah petani Ponorogo sebesar  24 ribu ton. Sehingga saat ini maupun kedepan  masih dibutuhkan  banyak opteker pertanian untuk menyerap surplus gabah petani  sehingga petani tidak selalu dikalahkan ketika musim panen tiba .

Masun, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo  hingga saat ini belum bisa memastikan angka  jumlah surplus beras di Ponorogo tahun anggaran 2022. Pasalnya, tahun anggaran belum berakhir begitu pula musim panen petani juga belum berakhir . Misalnya di Kecamatan Babadan, Ponorogo, Sukorejo  baru mulai memasuki musim    panen .

“ Target RPJM  Pemkab Ponorogo Produksi  beras di angka 397 .000 ton  denga jumlah  konsumsi masyarakat sebanyak   144 .000 ton. Sehingga , dari selisih antara Produksi dan konsumsi ada  ketersedian  253 .000 ton sebagai surplus produksi, “jelas Masun, jumat ( 16/12/2022)

Masun menyatakan surplus  per Jumat (16/12/2022) sudah mencapai 200.000 ton . Harapannya  sampai  akhir tahun anggaran  2022 , atau  pada Januari 2023  sudah bisa menyampaikan angka pasti surplus produksi beras Ponorogo . (wid)

Berita ini 131 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg