Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Polres Ponorogo Minta Warga Serahkan Serbuk Petasan ke Polisi

Dutanusantarafm-Polres Ponorogo memberikan kesempatan kepada mereka yang menyimpan serbuk aluminium atau serbuk mesiu bahan membuat mercon atau petasan untuk segera menyerahkannya ke polisi untuk diamankan. Polres akan menindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku kepada siapapun yang menyimpan, membuat, atau menyalakan petasan, karena bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Hal itu disampaikan oleh Kasatreskrim Polres Ponorogo AKP Jeifson Sitorus pada Selasa (5/4/2022) petang, mensikapi sudah mulai banyak ditemui orang yang membuat dan menyalakan petasan di Ponorogo. Ia mengatakan kasus menyalakan petasan di Ponorogo dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan korban meninggal dunia. Bahkan yang terakhir pada Senin (4/4/2022) malam meledaknya petasan di Desa Sambilawang Kecamatan Bungkal menyebabkan tiga jari telapak tangan korban nyaris hancur.

“sudah banyak yang menjadi korban petasan di Ponorogo, jangan ditambah lagi” pintanya.

Ia menegaskan polisi telah menetapkan tujuh orang tersangka dari kasus petasan di Desa Sambilawang Kecamatan Bungkal tersebut. Sikap tegas kepolisian itu adalah bukti bahwa penegakan hukum akan dilakukan kepada mereka yang melanggar. Karena UU no 12 tahun 1951 dan KUHP pasal (53) jo ,(65) jo ,(55) sudah jelas mengatur bahwa mereka yang menguasai, membawa, mempunyai persediaan atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan bahan peledak bisa dipidana penjara..

” Karena itu dari pada terancam pidana seperti para tersangka saat ini, yang menyimpan atau menguasai bahan peledak, petasan, lebih baik segera diserahkan saja ke Polisi untuk diamankan” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close