Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Parpol di Ponorogo Ramai-Ramai Cairkan Dana Banpol 2021

 

Dutanusantarafm-Sepuluh Partai Politik yang memiliki wakilnya di DPRD Ponorogo mulai menikmati dana bantaun partai politik (Banpol) dari Pemkab Ponorogo. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Ponorogo tahun 2021 mengalokasikan anggaran banpol sekitar Rp 1,5 miliar untuk sepuluh parpol tersebut.

Kabid Sos Pol Bakesbangpol Ponorogo, Karji menerangkan sepuluh parpol yang berhak menerima banpol adalah partai Nasdem,PKB,Gerindra, Demokrat, Golkar,PDIP,PKS,PAN,Hanura dan P3. Ia menjelaskan sampai hari ini sudah ada enam parpol yang mencairkan banpol yaitu PKB, Golkar, Demokrat, PPP, Gerindra dan PKS. Partai yang sedang dalam proses pencaian adalah partai Nasdem dan PAN, sedangkan yang belum mengajukan adalah partai Hanura dan PDIP.
“yang sudah mencaikran ada 6 parpol,proses 2 parpol dan yang belum mengajukan 2 parpol”ungkapnya.

Karji mengatakan jumlah dana yang diterima oleh masing-masing parpol tidak sama, dana yang diterima berdasarkan perolehan suara sah parpol pada pileg April 2019 lalu. Adapun penghitungannya adalah dari jumlah suara sah, dimana untuk tiap-tiap suara masing-masing parpol dihargai Rp 3.000. Harga setiap suara sah tahun ini naik hampir seribu rupiah dari tahun sebelumnya yaitu Rp. 2.026,40. Sedangkan surat suara sah di Ponorogo pada pemilu 17 April lalu sekitar 548.475.
“Mulai tahun ini harga suara sah naik dari tahun sebelumnya menjadi Rp.3.000 per suara sah”tuturnya.

Dia menambahkan dana banpol itu bisa digunakan parpol untuk pendidikan politik masyarakat, biaya operasional, belanja prokes. Setiap parpol sebelumnya harus memenuhi persyaratan untuk pencairan banpol dari Pemkab Ponorogo, salah satunya sudah melalui pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. (di)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close