Dinamika AktualKabar Kota Kita

Migrasi Wereng Dari Kawasan Selatan Perlu Diwaspadai

DUTANUSANTARAFM.COM :   Migrasi  Hama Wereng Batang coklat perlu diwaspadai petani di kawasan Ponorogo utara paska panen raya di kawasan pertanian Ponorogo selatan.  Jika migrasi WBC ini tidak diperhatikan oleh petani dikawasan utara seperti kecamatan Ponorogo, Babadan, Sukorejo dan sekitaranya maka akan menyebabkan kerugian dan kepanikan petani . Sehingga sejak dini petani padi harus  segera melakukan langkah antisipasi dengan melakukan pengamatan lebih sering dan melakukan  penyeprotan dengan pestisida nabati atau agensia hayati.

“Dikawasan pertanian Ponorogo selatan  kan saat ini mulai panen raya  jika sumber makanan wereng disana habis maka ham wereng ini akan bermigrasi ke daerah yang belum panen. Maka saya minta petani padi kawasan utara meningkatkan kewaspadaannya, “Jelas Paino, petugas POPT dari Dians pertanian ketahanan pangan dan perikanan kabupaten Ponorogo.

Paino, Petugas  Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT)  di Kecamatan Babadan dan juga Ponorogo menyampaikan hal tersebut kepada dutanusantarafm.com , Selasa ( 22/03/2022) saat melakukan pemantauan di kawasan pertanian Desa lembah. Menurut  Paino, Sejauh ini kondisi tanaman padi dikawasan Babadan dan Ponorogo masih aman namun kewaspadaan harus ditingkatkan.  Petani harus sering kesawah melihat  batang padinnya . Jika hal tersebut dilakukan dipastikan sampai musim panen maka akan aman dari serangan hama yang cukup berat karena terkendalikan sejak dini.

“Hasil pengamatan dilapangan hari ini , dikawasan Babadan dan Ponorogo kondisi tanaman padi relative aman dari serangan hama wereng batang coklat.  Karena disetiap rumpun padi ketika kita buka ada werengnya namun juga seimbang dengan keberadaan predatornya seperti laba-lab , tomcat dan siturinus,”ungkap Paino. (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close