Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Meski Pandemi Covid-19, Ponorogo Mengalami Kenaikan Produksi Padi Tertinggi Di Jawa Timur

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo – Pandemi COVID -19 yang sudah terjadi hampir 1,5 tahun  mulai awal tahun 2020 hingga sekarang ini ternyata tak berpengaruh pada sektor pertanian . Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan produksi padi Ponorogo  yang mencapai  angka 17 %.  Data peningkatan kenaikan produksi padi ini  dirilis BBP  akhir 2020 kemarin. Dan kabupaten Ponorogo mengalami peningkatan  tertinggi sebesar  74,61 ribu ton disusul peringkat ke  2 Kabupaten Ngawi  sebesar  52,28 ribu ton  dan peringkat ke 3 adalah Kabupaten Bojonegoro sebesar  45,32 ribu ton.

Kepala Dinas Pertanian , Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo Andi Susetyo mengungkapkan untuk peningkatan Ponorogo tertinggi  namun untuk total produksi  masih di bawah Kabupaten Ngawi. Karena luasan lahan  Ponorogo  jauh berada di Bawah Kabupaten Ngawi. Andi Susetyo menjelaskan  ada banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan produksi ini. Di antaranya, ketersediaan air karena ada penambahan yang signifikan untuk jumlah  sumur  air dalam dan dangkal. Selain itu, faktor pendukung lainnya adalah musim peng hujan yang cukup panjang dan serangan hama yang

“ Untuk serangan hama yang tidak terlalu tinggi di bandingkan tahun tahun sebelumnya dipengaruhi penggunaan pupuk organik. Sehingga berpengaruh pada tidak munculnya organisme pengganggu tanaman (OPT), “ungkap Andi Susetyo.

Andi Susetyo juga menyampaiaan bahwa pihaknya selalu menekankan kepada para Petugas pengandali Organisme Penganggu Tanaman ( POPT) untuk seintensif mungkin melakukan pengawasan di lapangan dan ketika ada indikasi serangan hama sejak awal untuk cepat di kendalikan. Pemerintah akan segera melakukan permintaan bantuan pestisida ke Provinsi Jawa Timur . (wid)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close