Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Masa PPKM, Polsek Dolopo Lakukan Penyekatan Perbatasan Pada Malam Suro

Dutanusantarafm-Polsek Dolopo Kabupaten Madiun melaksanakan penyekatan wilayah perbatasan Ponorogo Madiun tepatnya di daerah Mlilir pada Senin (9/08/2021). Penyekatan iuntuk mengantisipasi tradisi ziarah makam dan penyekatan yang biasanya dilakukan oleh ribuan anggota pencak silat di Ponorogo, Madiun dan sekitarnya.

Kapolsek Dolopo Kabupaten Madiun Akp.Muslich Bawani mengatakan penyekatan akan dilakukan selama dua hari pada Senin dan Selasa. Dua perguruan pencak silat yang biasanya melakukan kegiatan suroan telah memutuskan tidak mengadakan kegiatan pada tahun ini. Namun begitu untuk mengantisipasi jika masih saja ada yang nekat melakukan kegiatan, maka penyekatan ini dipandang perlu sekali.

“Mereka sebenarnya telah memerintahkan untuk tidak ada kegiatan namun kita harus mengantisipasinya” terang kapolsek.

Kapolsek menerangkan penyekatan ini dilaksanakan dalam rangka PPKM yang dicanangkan oleh pemerintah. Apabila tradisi ziarah ini dilakukan oleh kelompok pencak silat dalam rangka memperingati 1 Muharram atau tahun baru Islam maka berpotensi terjadinya kerumunan. Ia menambahkan apabila timbul kerumunan akan sangat berpotensi menjadi tempat penularan covid 19.

” kebijakan ini guna mencegah penyebaran virus covid 19 agar tidak semakin meningkat “imbuhnya.

Selain penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi acara 1 Muharam, juga mengantisipasi warga yang bepergian luar kota untuk kebutuhan yang tidak mendesak atau tidak penting. Petugas memeriksa kelengkapan surat perjalanan seperti surat kesehatan bebas covid 19 dan juga surat vaksin bagi pengendara yang mau masuk ke wilayah Kabupaten Madiun. Mereka yang tidak dilengkapi dengan surat kelengkapan perjalanan akan disuruh balik oleh petugas.

“Yang suratnya tidak lengkap kita suruh balik lagi” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close