Home / Latest

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:02 WIB

Lulusan SMK Harus Berwirausaha dan Berdaya Saing

Dutanusantarafm.com – Ratusan siswa lulusan SMKN 2 Ponorogo tahun ini, siap bersaing di dunia kerja. Baik berwirausaha secara mandiri maupun bekerja di berbagai perusahaan di level nasional maupun luar negeri.

Kepala SMKN 2 Ponorogo, Farida Hanim Handayani mengatakan ratusan siswanya yang lulus dari 5 Program Keahlian tahun ini sudah dibekali dengan berbagai keterampilan.

Mulai dari keahlian dasar bidang tata busana, perhotelan, kuliner, tata kecantikan rambut dan kulit, serta komputer dan jaringan.

“Siswa SMK harus berwirausaha, bekerja baru selanjutnya meneruskan kuliah. Jangan sampai tidak produktif. Harus semangat dan bermental baja,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara Purnawiyata ke-42, Selasa (24/05 2022).

Menurut Farida, saat ini peluang pasar kerja untuk siswa siswi SMK sangat tinggi. Khususnya di bidang fashion, kuliner, komputer, dan lainnya. Sehingga, masih sangat memungkinkan bagi para siswa untuk bergabung dengan berbagai perusahaan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Terbukti, sebagian besar lulusan SMKN 2 Ponorogo kali ini sudah banyak di rekrut perusahaan perusahaan besar. Seperti perusahaan tekstil di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bahkan ada yang diluar negeri, seperti Jepang.

“Ada 18 siswa kami yang sudah di rekrut perusahaan Jepang. Bahkan sebelum mereka lulus. Saat ini sudah masuk karantina untuk proses keberangkatan,” tuturnya.

Alumnus IPB itu juga menambahkan melalui Bursa Kerja Khusus (BKK), SMK N 2 Ponorogo  siap mengawal para siswa untuk bisa bekerja baik di dalam maupun di luar negeri khususnya Jepang.

Pun kepada para siswa dan lulusan, Farida tidak hanya membekali mereka dengan keterampilan melainkan juga meminta agar terus menjunjung tinggi etika dan budi pekerti yang baik.

Pada Purnawiyata ke-42 kali ini, SMKN 2 Ponorogo meluluskan 460 siswa. Dari ratusan lulusan tersebut, puluhan siswa berhasil meraih berbagai prestasi membanggakan.

Antara lain, Juara I Nasional Lomba Karya Tulis Kreatif, Juara I Sayembara Kompetensi SMK tingkat Nasional, Juara I LKS tingkat Provinsi Jawa timur dalam lomba Patisery and Confectionery.

” Untuk Juara I LKS ini akan mewakili Jawa Timur ke tingkat nasional. Kami mohon doa restu, semoga bisa menjadi juara,” tegasnya. (Umi Duta)

Berita ini 40 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Latest

Alfamart Madiun Kolaborasi Duta Nusantara 92,1 FM Bagi Nasi Kotak Ke Pemudik

Latest

Gempa Bumi Bantul, Akibatkan Beberapa Rumah Warga di Ponorogo Rusak Berat

Latest

Tunhar Gontor Menangkan Kejuaraan U21 Askab PSSI Ponorogo

Latest

Wow…Korban Pungli Sawoo Tak Hanya Warga Biasa

Latest

Keterangan Perangkat Desa Ke Kejaksaan Berbeda Dengan Temuan Lapangan

Latest

Babinsa Masuk Dapur Mampu Memberikan Healing Warga

Latest

Kurangi Cemaran TPA Mrican Ke Pesawahan , DLH Mulai Bangun Talud Timur

Latest

Walhi Jatim; Masalah Tambang Rumit Karena Banyak Aktornya