Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Longsor Tugurejo Slahung Ponorogo, 9 KK Mengungsi

Dutanusantarafm-Sebanyak 9 kk terdiri dari 28 jiwa warga rt 03 rw 04 Dukuh Tugunongko Desa Tugurejo Kecamatan Slahung sejak Jumat (19/11/2021) malam terpaksa harus mengungsi karena terjadi longsor dari tebing yang ada diatas tempat tinggal mereka. Longsor berupa tanah dan batu serta pohon-pohon tersebut nyaris menimpa rumah warga setempat.

Ke sembilan kk tersebut mengungsi di 4 rumah saudara mereka yang ada di Desa Tugurejo dan Caluk. Mereka segera meningalkan rumahnya setelah malam itu mendengar suara gemuruh yang berlangsung sekitar 30 menit.

Kades Tugurejo Siswanto mengatakan longsor tidak sampai menyebabkan korban luka maupun jiwa. Untuk mengantisipasi longsor susulan dan kejadian tidak diinginkan maka untuk sementara rumah mereka dikosongkan.

Longsor berasal dari tebing tempat bercocok tanam warga setempat yang berada dibawah hutan perhutani itu dikarenakan hujan deras yang mengguyur wilayah setempat sejak jumat petang. Warga sekitarlun mulai berjaga-jaga setelah mengetahui hujan berlangsung cukup lama. Mereka tidak segera tidur karena khawatir terjadi longsor.

“Dan ternyata longsor benar terjadi “ungkapnya.

Longsoran lumpur dan batu sudah masuk ke area halaman pemukinan yang berjumlah sekitar 20 rumah itu. Bahkan longsor tersebut ada yang berjarak 2 meter dari rumah warga.

Ia menjelaskan longsor di desa tugurejo tidak hanya terjadi di dekat pemukiman warga, tetapi juga memutus jalan penghubung desa tugurejo dengan desa gemaharjo Pacitan.

Siswanto menuturkan warga bersama pemerintah desa ,destana, dibantu tni,polri,bpbd, para relawan pada Sabtu pagi mulai melakukan kerja bakti membersihkan material longsor. Warga saat ini mebutuhkan bantuan berupa sembako,selimut karena untuk sementara tidak bisa beraktifitas.

“Saat ini kita masih melakukan kajian bersama BPBD, instansi dan pihak terkait. Selain mengungsikan sebagian penduduk, pergerakan tanah terus dipantau untuk mengantisipasi longsor susulan.” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close