Home / Kabar Kota Kita

Senin, 17 Agustus 2020 - 16:22 WIB

Lebih Dari 2.000 Pemilih Pemula Mencoblos Pilkada Ponorogo

Dutanusantarafm.com-Lebih dari 2 ribu pemilih pemula akan turut berpartisipasi dalam Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Ponorogo pada 9 Desember 2020 mendatang. Para pemilih tersebut, adalah pemilih yang usianya telah mencapai 17 tahun hingga 9 Desember 2020 atau hari H pencoblosan.

Ketua KPU Ponorogo Munajat menjelaskan dari total data tersebut, masih ada kemungkinan penambahan atau pengurangan data jumlah pemilih. Perkembangan data dicocokkan dengan data riil saat dilakukan coklit oleh petugas PPDP.
“saat ini angka pastinya belum diketahui karena rekap coklit masih berlangsung di PPS” ungkapnya.

Data sementara, jumlah pemilih Pilkada sekitar 796 ribu orang yang akan berpartisipasi dalam Pilkada Ponorogo Desember 2020. Data itu telah dilakukan coklit oleh PPDP termasuk diantaranya untuk pemilih pemula tersebut.

Dengan jumlah tersebut, tambah Munajat, setidaknya ada 2.080 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disiapkan dan tersebar di 21 kecamatan. Masing-masing TPS akan mengakomodir kurang lebih sebanyak 500 pemilih. Hal ini berbeda dengan saat pileg lalu dimana satu TPS untuk 300 pemilih.Dari 2.080 TPS tersebut, masih memungkinkan mengalami penambahan maupun pengurangan ketika pemutakhiran data pemilih sudah dilakukan.

Munajat menambahkan khusus terkait pemilih pemula tersebut menjadi perhatian tersendiri oleh KPU Ponorogo. Petugas secara cermat , teliti dan hati-hati untuk memastikan mereka yang sudah berusia 17 saat pencoblosan terdata dan tercatat sebagai pemilih di Pilkada Ponorogo. “ Warga masyarakat diminta ikut berperan aktif dalam pendataan calon pemilih pemula ini. Jangan sampai mereka yang punya hak pilih terlewatkan”pungkasnya. (san)

Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB